Rabu, 01/05/2024 - 19:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menkop Minta Kampus tak Sekadar Siapkan Mahasiswa Jadi Pegawai

ADVERTISEMENTS

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki. Teten Masduki mengajak para alumni universitas untuk ikut meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak para alumni universitas untuk ikut meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia. Menurutnya, ada puluhan ribu lulusan sarjana setiap tahun. Jika hanya difokuskan menjadi pegawai kantoran dapat menimbulkan masalah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Teten mengatakan, keberadaan ikatan alumni perguruan tinggi punya peran penting agar Indonesia segera masuk dalam kategori negara maju. Pihaknya pun kini tengah menyiapkan rasio wirausaha Indonesia untuk naik. Untuk menjadi negara maju, Indonesia perlu rasio kewirausahaan yang kuat minimal empat persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kita baru 3,7 persen. Negara maju sekitar tujuh persen sampai 12 persen. Singapura 8,6 persen entrepreneur. Thailand dan Malaysia di atas juga. Ini harus disiapkan,” kata Teten dalam Rapat Kerja Nasional Ikatan Alumni Universitas Diponegoro di Jakarta, Sabtu (25/2/2023) seperti dikutip dalam siaran pers.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kemenhub Perkuat Konektivitas Indonesia Timur Lewat Transportasi Laut

Berkaca dari situasi tersebut, dia mendorong perguruan tinggi untuk mengubah pola pikirnya agar wirausaha di Indonesia dapat meningkat secara signifikan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Setiap tahun ada 3,5 juta lulusan SMA sampai universitas dan 1,7 persen (sekitar 59 ribu sarjana) di antaranya adalah sarjana yang mau masuk kerja. Kalau kampus masih menyiapkan mahasiswanya untuk jadi pegawai swasta atau pemerintah, kita punya masalah yakni angka pengangguran yang tinggi,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia menawarkan kerja sama dengan IKA UNDIP untuk membangun inkubator bisnis di lingkungan kampus guna menyiapkan anak muda atau mahasiswa untuk menjadi wirausaha. Indonesia diprediksi pada tahun 2045 akan menjadi empat kekuatan ekonomi dunia. Selain infrastruktur, RI perlu meningkatkan jumlah wirausaha.

Berita Lainnya:
ID Survey Dukung Potensi Layanan TIC Indonesia Timur

“Pendekatannya inkubator dengan memanfaatkan jejaring alumni yang bekerja di swasta dan pemerintah untuk memupuk entrepreneur. Kita harus siapkan mereka menjadi bagian job creation,” ucapnya

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPP IKA UNDIP Abdul Kadir Karding menambahkan bahwa IKA UNDIP siap menjadi inkubator bisnis untuk menyiapkan peningkatan pelaku usaha di Indonesia guna menyongsong Indonesia Emas 2045.

“IKA UNDIP dapat menjadi inkubator. Nantinya kita bisa scale up alumni atau mahasiswa sehingga punya keterampilan bisnis. Kita juga akan membuka jaringan sektor usaha agar mahasiswa bisa magang dan dapat pelatihan dari perusahaan,” kata Karding.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi