Jumat, 03/05/2024 - 20:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menteri PUPR: Inovasi Pembiayaan Akselerasi Pembangunan Jalan Tol

ADVERTISEMENTS

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Basuki Hadimuljono mengungkapkan, inovasi pembiayaan telah membantu mengakselerasi pembangunan jalan tol dan infrastruktur di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, inovasi pembiayaan telah membantu mengakselerasi pembangunan jalan tol dan infrastruktur di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Inovasi pembiayaan tidak hanya skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU),” ujar Basuki dalam seminar daring “Innovative Financing in Unity”yang dipantau di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut Basuki hal itu telah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol karena memudahkan pembebasan lahan. Menurutnya, pengadaan tanah dengan dana talangan adalah inovasi pembiayaan yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Libur Lebaran, Masyarakat Padati Kereta Api Pertama di Sulawesi

“Skema ini lebih cepat dan nantinya (dana talangan) diganti oleh Menteri Keuangan melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN),” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Melalui dana talangan tanah, maka pembangunan Jalan Tol Trans-Jawa sepanjang 1.830 km bisa diselesaikan pada 2019. Menurut dia, dana talangan pembebasan lahan merupakan inovasi pembiayaan pertama yang sangat dirasakan dan itu tidak akan terjadi kalau tidak mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kedua, kita ada yang namanya skema cross subsidy lelang. Jadi kita melakukan lelang di Jawa dengan kriteria siapa yang bisa membangun Tol Trans-Sumatera lebih panjang itu yang akan menang. Jadi, kita melelangkan proyek Tol Semarang-Batang dan juga Serang-Panimbang, kemudian mendapatkan 83 km untuk pembangunan tol di Sumatera, ini juga innovative financing,” kata Basuki.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang Selama Mudik 2024

Kemudian, skema availability payment yang paling mudah dan dikawal terus oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) sejak dari penyiapan proyeknya, tidak hanya untuk pembangunan baru, tapi sekarang sudah sampai dengan pemeliharaan jalan. Dengan demikian, pemeliharaan Jalan Lintas Timur Sumatra di Riau dan Sumatra Selatan sudah dibiayai oleh KPBU. Ia menekankan, pembangunan infrastruktur tidak hanya bisa diharapkan dari APBN, melainkan juga harus melibatkan investasi.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi