Rabu, 28/02/2024 - 23:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menteri PUPR: Inovasi Pembiayaan Akselerasi Pembangunan Jalan Tol

ADVERTISEMENTS

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Basuki Hadimuljono mengungkapkan, inovasi pembiayaan telah membantu mengakselerasi pembangunan jalan tol dan infrastruktur di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

 JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, inovasi pembiayaan telah membantu mengakselerasi pembangunan jalan tol dan infrastruktur di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

“Inovasi pembiayaan tidak hanya skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU),” ujar Basuki dalam seminar daring “Innovative Financing in Unity”yang dipantau di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Menurut Basuki hal itu telah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol karena memudahkan pembebasan lahan. Menurutnya, pengadaan tanah dengan dana talangan adalah inovasi pembiayaan yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
Menteri PUPR Basuki Siap Pindah ke IKN Pertengahan Tahun

“Skema ini lebih cepat dan nantinya (dana talangan) diganti oleh Menteri Keuangan melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN),” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Melalui dana talangan tanah, maka pembangunan Jalan Tol Trans-Jawa sepanjang 1.830 km bisa diselesaikan pada 2019. Menurut dia, dana talangan pembebasan lahan merupakan inovasi pembiayaan pertama yang sangat dirasakan dan itu tidak akan terjadi kalau tidak mendapatkan izin dari Kementerian Keuangan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Kedua, kita ada yang namanya skema cross subsidy lelang. Jadi kita melakukan lelang di Jawa dengan kriteria siapa yang bisa membangun Tol Trans-Sumatera lebih panjang itu yang akan menang. Jadi, kita melelangkan proyek Tol Semarang-Batang dan juga Serang-Panimbang, kemudian mendapatkan 83 km untuk pembangunan tol di Sumatera, ini juga innovative financing,” kata Basuki.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Tak Cuma Holding, Erick Targetkan Direksi Muda Juga Rambah Anak-Cucu BUMN

Kemudian, skema availability payment yang paling mudah dan dikawal terus oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) sejak dari penyiapan proyeknya, tidak hanya untuk pembangunan baru, tapi sekarang sudah sampai dengan pemeliharaan jalan. Dengan demikian, pemeliharaan Jalan Lintas Timur Sumatra di Riau dan Sumatra Selatan sudah dibiayai oleh KPBU. Ia menekankan, pembangunan infrastruktur tidak hanya bisa diharapkan dari APBN, melainkan juga harus melibatkan investasi.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi