Selasa, 18/06/2024 - 01:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dua Warga Indramayu Suspek Difteri

INDRAMAYU – Dua warga Kabupaten Indramayu teridentifikasi suspek Difteri. Dinas Kesehatan setempat hingga kini sedang menyelidiki sumber penularannya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Wawan Ridwan, menjelaskan, setelah menemukan adanya warga yang suspek difteri. Tim Surveilans Epidemiologi Dinas Kesehatan langsung melakukan pelacakan epidemiologi. Langkah tersebut dilakukan bersama tim Puskesmas di wilayah domisili pasien pada 1 Februari 2023 lalu.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Kami juga melakukan pengambilan sampel terhadap suspek dan kontak eratnya,” kata Wawan kepada Republika.co.id, Rabu (1/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Wawan mengatakan, sampel tersebut selanjutnya dikirim ke UPTD Labkesda Provinsi Jawa Barat pada 2 Februari 2023. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemberian pengobatan terhadap pasien suspek difteri tersebut.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Stasiun KCIC Menuju Bandara Halim Kini Tersambung Layanan Shuttle

Wawan menambahkan, Tim Surveilans Epidemiologi Dinas Kabupaten Indramayu juga melakukan pemantauan ketat terhadap pasien suspek difteri dan lingkungannya melalui petugas surveilans puskesmas. Hal itu dilakukan sampai keluarnya hasil konfirmasi dari laboratorium mengenai pemeriksaan sampel yang telah dikirimkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Ketika ditanyakan mengenai sumber penularan penyakit yang menimpa dua warga tersebut, Wawan menyatakan belum mengetahuinya. “Masih dalam penyelidikan,” tegas Wawan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Seperti diketahui, selain di Garut, Dinas Kesehatan Dinkes Provinsi Jabar juga menerima laporan ada 11 kasus suspek difteri di tujuh kabupaten dan kota yang ada di Jabar. Yakni, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, KBB, Kota Bogor, dan Kota Sukabumi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
KPK Sita 13 Bidang Tanah dari Terpidana Korupsi Helikopter AW-101

Menurut ketua tim Surveilans Dinkes Jabar, Dewi Ambarwati, belasan kasus suspek itu masuk dalam aplikasi pelaporan sepanjang Januari 2023. Namun, menurut Dewi, kasus difteri yang dilaporkan itu masih berstatus suspek. Dinkes Jabar masih melakukan pendalaman lebih lanjut pada 11 kasus tersebut.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Menurut Dewi, yang dimaksud suspek difteri adalah secara klinis dan fisik dari 11 laporan itu sudah mengarah ke difteri. Tapi, masih menunggu hasil dari laboratorium. Jadi, belum bisa sepenuhnya disebut difteri.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا الكهف [96] Listen
Bring me sheets of iron" - until, when he had leveled [them] between the two mountain walls, he said, "Blow [with bellows]," until when he had made it [like] fire, he said, "Bring me, that I may pour over it molten copper." Al-Kahf ( The Cave ) [96] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi