Minggu, 19/05/2024 - 07:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pengemudi Transportasi Ikon Filipina Jeepney Mogok Sepekan

 MANILA — Kelompok transportasi Filipina melancarkan aksi mogok nasional mulai Senin (6/3/2023). Tindakan ini memprotes program pemerintah yang diduga akan menghapus jeepney dari jalanan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pengemudi dan pendukung yang memprotes mengadakan rapat umum yang riuh di pinggiran kota Quezon di wilayah ibu kota. Kemudian mereka melanjutkan konvoi ke kantor peraturan transportasi pemerintah untuk menekan protes mereka.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kami menyerukan kepada masyarakat untuk mendukung pemogokan transportasi dengan cara apa pun yang memungkinkan,” kata Renato Reyes dari aliansi politik sayap kiri Bayan yang mendukung pemogokan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Ketidaknyamanan penghentian transportasi bersifat sementara, tetapi hilangnya mata pencaharian pengemudi dan operator akan bersifat jangka panjang,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Hampir tengah hari, Sekretaris Transportasi Jaime Bautista mengatakan, tidak ada gangguan transportasi besar yang dipantau. Pejabat lain mengatakan kendaraan pemerintah dikerahkan untuk mengangkut penumpang di beberapa daerah tetapi tidak segera memberikan rincian lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
OKI dan GCC Sambut Baik Suara PBB yang dukung Palestina Jadi Anggota Penuh

Lalu lintas jam sibuk pagi hari padat seperti biasa di jalan-jalan utama di Manila dan kota-kota terdekat. “Tidak ada gangguan kecuali di beberapa rute di wilayah ibu kota negara,” kata kantor Presiden Ferdinand Marcos Jr pada siang hari.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Program modernisasi transportasi pemerintah pertama kali diluncurkan pada 2017. Kebijakan ini bertujuan untuk mengganti Jeepney dan van penumpang yang sudah usang dan berbahaya dengan kendaraan modern yang memiliki fitur keselamatan dan sesuai dengan standar emisi karbon.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pemilik kendaraan harus bergabung dengan koperasi transportasi dan perusahaan pada akhir tahun untuk manajemen transportasi yang lebih baik. Penentang kebijakan ini mengatakan, sebagian besar pengemudi miskin tidak mampu membeli jeepney penumpang baru, bahkan dengan bantuan keuangan pemerintah yang dijanjikan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Tidak apa-apa memiliki modernisasi bagi mereka yang punya uang. Namun bagi kami para pengemudi dan operator jeepney, kami tidak mampu membayarnya,” kata pengemudi jeepney Benito Garcia.

Berita Lainnya:
Tujuh Puluh Enam Tahun Nakba, Palestina Rilis Laporan Kekejaman Israel

Sedangkan pengemudi yang lain mengatakan program mematikan jeepney yang dihias dengan mencolok dan berwarna cerah. Kendaraan ini telah dianggap sebagai ‘Raja Jalan’ Manila dan pameran budaya Filipina di atas roda.

Jeepney bertenaga diesel berevolusi dari jip militer Amerika Serikat yang ditinggalkan pasukan setelah Perang Dunia II. Kendaraan-kendaraan itu dimodifikasi dan direproduksi, banyak dengan sasis truk bekas.

Selama beberapa dekade, kendaraan ini menjadi bentuk transportasi darat yang paling populer di kalangan kelas pekerja. Kendaraan ini memang mengeluarkan asap gelap yang dipersalahkan atas polusi udara Manila yang cukup parah.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi