Selasa, 07/05/2024 - 04:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Dukung Pemulihan Penerbangan, AP II Perkuat Utilisasi Slot

ADVERTISEMENTS

Penumpang menggunakan mesin layanan check in mandiri di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Jumat (11/2/2023). PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) terus mendorong untuk memaksimalkan utilisasi slot penerbangan menuju pemulihan seperti sebelum pandemi Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 BELITUNG — PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) terus mendorong untuk memaksimalkan utilisasi slot penerbangan menuju pemulihan seperti sebelum pandemi Covid-19. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pada 2019 sebelum pandemi melanda, AP II melayani 90 juta penumpang sementara pada 2018 melayani 113 juta penumpang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Jadi, pada 2025, prognosis rasionya di angka 119 persen terhadap 2019 yang 90 juta yang berarti asumsinya di atas 100 juta penumpang. Jadi, 1,2 kali dari 90 juta berarti 108 juta. Artinya memang butuh waktu lagi kalau target tahun ini 73 juta penumpang,” kata Awaluddin saat ditemui usai Airlines Gathering di Sheraton Belitung Resort, Jumat (10/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mentan Siap Kembangkan Padi Unggul IPB 9G, Seperti Apa?
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Untuk itu, Awaluddin menegaskan dari sisi alat produksi AP II yakni slot penerbangan dan kapasitas tidak boleh kendor. Dia menegaskan, bandara AP II tidak boleh memunculkan potensi backlog kapasitas.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Awaluddin mengungkapkan, Bandara Soekarno-Hatta saat ini memiliki slot penerbangan yang tersedia sebanyak 113 slot. Sementara, rata-rata utilisasi slotnya saat ini mencapai 900 slot.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Meskipun begitu, saat peak season seperti Natal dan tahun baru, slot penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah di atas 1.028 hingga 1.040 karena ada penambahan penerbangan. Sementara, sebelum pandemi atau pada 2018 hingga 2019 dari total 1.300 slot, utilisasi hariannya kurang lebih rata-rata 1.150.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pengamat: Keterangan Airlangga Soal Bansos Sangat Logis

Awaluddin mengatakan, saat ini utilisasi slot penerbangan mulai menunjukan pemulihan untuk seluruh bandara AP II. “Kalau sebelum pandemi, take off dan landing sekitar 2.200 pada weekdays termasuk Bandara Soekarno-Hatta. Untuk weekend mulai bergeser ke 2.200, 2.300, dan 2.500 slot penerbangan. Secara utilisasi sekarang sudah tidak rendah,\” jelas Awaluddin.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 

Awaluddin optimistis, musim padat pada angkutan Lebaran 2023, liburan, serta Natal dan Tahun Baru 2023/2024 akan menambah utilisasi slot penerbangan. Dia menyebut, angkutan Lebaran 2023 berpotensi memberikan peningkatan slot penerbangan hingga sembilan sampai 11 persen.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi