Jumat, 14/06/2024 - 20:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Italia Perkirakan 680 Ribu Imigran akan Menyebrangi Laut Mediterania ke Daratan Eropa

 ROMA — Laporan intelijen Italia baru-baru ini menyebutkan sekitar 700 ribu para pengungsi dan imigran sudah berada di Libya. Mereka diperkirakan sedang menunggu kesempatan untuk berangkat melalui jalur laut menuju Italia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Hal itu disampaikan seorang anggota parlemen dari partai sayap kanan, pendukung Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, pada Ahad (12/3/2023). Tetapi seorang pejabat migrasi AS menyebut jumlah itu tidak kredibel.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Anggota parlemen dari partai sayap kanan Tommaso Foti, mengatakan kepada saluran televisi Tgcom24 bahwa dinas rahasia Italia memperkirakan bahwa 685 ribu imigran sudah berada di Libya. Sebagian besar dari para imigran itu pernah ditahan di kamp-kamp tahanan dan bersiap akan berlayar melintasi Laut Mediterania tengah, dengan kapal selundupan.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Smentara itu penjaga pantai Italia pada Ahad (12/3/2023) malam melaporkan bahwa 30 migran hilang dan 17 orang lainnya diselamatkan di sekitar 100 mil laut (180 kilometer) dari pantai Libya setelah kapal yang mengangkut mereka terbalik. Italia menekankan kapal yang terbalik itu terjadi di luar wilayah tanggung jawab pencarian dan penyelamatan otoritas Italia.

Berita Lainnya:
Jamaah Haji Kota Medan Berdoa untuk Keberkahan Medan

Penjaga pantai di wilayah Italia, mengatakan beberapa kapal dagang lain sudah ikut membantu dalam pencarian penumpang kapal lain yang hilang.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Kelompok kemanusiaan Alarm Phone memberi isyarat ke pusat koordinasi nasional Italia dan kepada otoritas Libya dan Malta pada hari Sabtu lalu, bahwa terdapat sebuah kapal dengan 47 orang di dalamnya membutuhkan bantuan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Angkatan Laut Libya menghubungi pusat koordinasi bantuan maritim yang berbasis di Roma. Mereka juga yang mengirim pesan satelit tentang keadaan darurat ke semua kapal yang sedang berlayar di daerah tersebut, menurut pernyataan penjaga pantai Italia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Dikatakan kapal motor komersial yang membawa 17 orang yang selamat sedang menuju Italia tetapi pertama-tama akan berhenti di Malta untuk menurunkan dua orang yang sangat membutuhkan perawatan medis.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Juru bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) Flavio Di Giacomo mengungkapkan ada perbedaan antara perkiraan jumlah migran di Libya dengan mereka yang benar-benar siap ingin pergi dari Libya ke Eropa. “Jumlah ini tampaknya merupakan perkiraan, yang juga kami berikan, dari total kehadiran di Libya,” kata Flavio Di Giacomo kepada The Associated Press di Roma.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Rusia Kirim Dua Pesawat Bantu Pencarian Presiden Iran
ADVERTISEMENTS

“Namun dari jumlah itu hanya sebagian kecil yang ingin pergi dan hanya sebagian kecil yang berhasil sampai ke Eropa,” kata Di Giacomo menambahkan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Menurutnya, banyak imigran di Libya berasal dari Niger dan Chad, dua negara Afrika di perbatasan selatan Libya, dan akhirnya mereka terpaksa harus kembali ke tanah air mereka.

Sekitar 105 ribuan imigran mencapai Italia melalui laut pada tahun 2022. Sejak awal tahun ini hingga 10 Maret, sekitar 17.600 imigran tiba di wilayah Italia, termasuk beberapa ribu yang turun di pelabuhan Italia dalam beberapa hari terakhir. Jumlah tersebut mencapai tiga kali lipat jumlah untuk periode waktu yang sama pada dua tahun terakhir.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قُولُوا آمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا وَمَا أُنزِلَ إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَا أُوتِيَ النَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ البقرة [136] Listen
Say, [O believers], "We have believed in Allah and what has been revealed to us and what has been revealed to Abraham and Ishmael and Isaac and Jacob and the Descendants and what was given to Moses and Jesus and what was given to the prophets from their Lord. We make no distinction between any of them, and we are Muslims [in submission] to Him." Al-Baqarah ( The Cow ) [136] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi