Sabtu, 27/04/2024 - 02:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Marak Penipuan Modus Kirim Surat Tilang Format Aplikasi, Ini Imbauan Polisi

ADVERTISEMENTS

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko meminta masyarakat mewaspadai penipuan dengan modus chat pengiriman surat tilang berupa tautan format aplikasi (apk).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Polda Metro Jaya memberikan imbauan kepada masyarakat agar waspada dengan adanya penipuan dengan modus chat pengiriman surat tilang berupa tautan format aplikasi (apk). Kemudian jika tautan itu diklik oleh penerima pesan, maka saldo rekening penerima pesan akan terkuras.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Polda Metro Jaya mengimbau penipuan dengan modus hoaks atau informasi bohong harus diwaspadai oleh masyarakat,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Ahad (19/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Lanjut Trunoyudo, kepolisian juga telah memonitor perihal maraknya penipuan modus tersebut. Disebutnya pihaknya mengirimkan surat tilang ke alamat yang sesuai dengan data kendaraan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Bandara Abdulrachman Saleh Tambah Penerbangan Saat Masa Mudik Lebaran

Kepolisian tidak pernah mengirimkan keterangan surat tilang elektronik melalui pesan WhatsApp. Surat konfirmasi yang dikirim ke alamat rumah untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Petugas mengirimkan surat konfirmasi ke alamat publik kendaraan bermotor untuk permohonan konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi,” kata Trunoyudo.

Namun Trunoyudo meminta masyarakat harus tetap waspada serta tidak mudah terpercaya ketika menerima pesan dari pihak yang tidak dikenal. Masyarakat juga diimbau untuk selektif dalam menerima tiap pesan dari pihak tidak dikenal.

Dia menambahkan layanan pengaduan Polda Metro Jaya pun siap menerima pengaduan warga yang telah tertipu dengan modus penipuan tersebut. “Call Centre layanan Polri 110 siap memberikan pelayanan laporan informasi maupun laporan peristiwa atau kejadian dugaan kejahatan, silakan laporkan,” jelas Trunoyudo.

Berita Lainnya:
Polisi Mulai Usut Kasus Dugaan Pelecehan Seksual oleh Eks Ketua DPD PSI Jakbar

Trunoyudo menjelaskan penilangan melalui sistem tilang elektronik. Perangkat e-TLE akan secara otomatis menangkap gambar pengendara yang terbukti melakukan pelanggaran lalu lintas. Perangkat e-TLE secara otomatif menangkap pelanggaran lalu lintas yang dimonitor dan mengirimnkan media barang bukti pelanggaran ke back office e-TLE di RTMC Polda Metro Jaya.

“Petugas mengidentifikasi data kendaraan menggunakan electronic registration and identification (ERI) sebagai sumber data kendaraan,” ungkapnya.

Sementara itu akun Instagram Divisi Humas Polri telah menyebarkan informasi terkait beredarnya informasi surat tilang dengan mengunduh aplikasi Surat Tilang adalah tidak benar alias hoaks. Masyarakat diminta mewaspadai modus penipuan dengan pengunduhan aplikasi yang berakibat terhadap kebocoran data pribadi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi