Kamis, 29/02/2024 - 20:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

UMKM Dipastikan Terdampak Jika Piala Dunia U20 Batal Digelar di Indonesia

ADVERTISEMENTS

Erick Thohir, Ratu Tisha dan Menpora Zainudin Amali cek kesiapan stadion Manahan sebagai venue final piala dunia U20, Ahad (12/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

JAKARTA — Indonesia terancam mendapat sanksi dari Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA. Akibatnya, Indonesia berkemungkinan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Padahal, momentum tersebut dinilai bakal menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun bisa memanfaatkan ajang tersebut guna memasarkan produknya.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia (AKUMANDIRI) Hermawati Setyorinny mengatakan, jika piala dunia U20 tidak jadi digelar di Tanah Air, maka Indonesia akan kehilangan momentum untuk membuktikan negeri ini layak menjadi tuan rumah perhelatan sepak bola kelas dunia.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
WaCIDS: Wakaf Berkontribusi Besar dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional

“Tentu akan berdampak bagi indonesia dalam menunjukkan produk indonesia sebagai merchandise tidak kalah berkualitas dan bagus dari negara lain,” ujarnya kepada Republika, Selasa (28/3/2023).

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Hal itu, lanjutnya, pasti akan berpengaruh terhadap ekonomi. Khususnya ke para pengusaha yang telah ditunjuk dan UMKM sebagai mitra perusahaan tersebut.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

“Ini termasuk kehilangan peluang pasar atau market UMKM yang produk dan jasanya ada di area-area event diadakan,” tutur dia.

Berita Lainnya:
Ahok Mundur dari Pertamina, Ini Respons Kementerian BUMN 

Meski begitu, kata dia, mau tidak mau UMKM harus menerima bila Piala Dunia U20 gagal digelar di Indonesia. Ia berharap ada solusi dari pemerintah dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Terutama solusi agar beragam produk dari Indonesia tetap digunakan sebagai merchandise U20 di negara tuan rumah pengganti Indonesia nantinya.

Seperti diketahui, sebelumnya FIFA telah membatalkan Drawing Piala Dunia U20 2023 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret mendatang. Dikabarkan, pembatalan tersebut berkaitan dengan penolakan masyarakat Indonesia terhadap timnas Israel yang turut menjadi peserta ajang sepak bola dunia itu.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi