Sabtu, 20/04/2024 - 16:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

UMKM Dipastikan Terdampak Jika Piala Dunia U20 Batal Digelar di Indonesia

ADVERTISEMENTS

Erick Thohir, Ratu Tisha dan Menpora Zainudin Amali cek kesiapan stadion Manahan sebagai venue final piala dunia U20, Ahad (12/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Indonesia terancam mendapat sanksi dari Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA. Akibatnya, Indonesia berkemungkinan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Padahal, momentum tersebut dinilai bakal menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun bisa memanfaatkan ajang tersebut guna memasarkan produknya.

ADVERTISEMENTS

Ketua Umum Assosiasi IUMKM Indonesia (AKUMANDIRI) Hermawati Setyorinny mengatakan, jika piala dunia U20 tidak jadi digelar di Tanah Air, maka Indonesia akan kehilangan momentum untuk membuktikan negeri ini layak menjadi tuan rumah perhelatan sepak bola kelas dunia.

Berita Lainnya:
Kemenkop UKM Terus Lakukan Pendataan Koperasi dan UMKM

“Tentu akan berdampak bagi indonesia dalam menunjukkan produk indonesia sebagai merchandise tidak kalah berkualitas dan bagus dari negara lain,” ujarnya kepada Republika, Selasa (28/3/2023).

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hal itu, lanjutnya, pasti akan berpengaruh terhadap ekonomi. Khususnya ke para pengusaha yang telah ditunjuk dan UMKM sebagai mitra perusahaan tersebut.

“Ini termasuk kehilangan peluang pasar atau market UMKM yang produk dan jasanya ada di area-area event diadakan,” tutur dia.

Berita Lainnya:
Bahkan Bung Towel Pun Memuji Kemenangan Bersejarah Timnas Indonesia Atas Vietnam

Meski begitu, kata dia, mau tidak mau UMKM harus menerima bila Piala Dunia U20 gagal digelar di Indonesia. Ia berharap ada solusi dari pemerintah dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Terutama solusi agar beragam produk dari Indonesia tetap digunakan sebagai merchandise U20 di negara tuan rumah pengganti Indonesia nantinya.

Seperti diketahui, sebelumnya FIFA telah membatalkan Drawing Piala Dunia U20 2023 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret mendatang. Dikabarkan, pembatalan tersebut berkaitan dengan penolakan masyarakat Indonesia terhadap timnas Israel yang turut menjadi peserta ajang sepak bola dunia itu.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi