Jumat, 03/05/2024 - 21:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Anggota Perlawanan Myanmar yang Menyusup ke Thailand Dipulangkan

ADVERTISEMENTS

BANGKOK — Kelompok hak asasi manusia dan politisi oposisi di Thailand mengkritik pemerintah karena memulangkan paksa tiga pria yang dilaporkan menjadi anggota gerakan perlawanan anti-pemerintah di Myanmar yang dikuasai militer. Yayasan Pemberdayaan Rakyat yang berbasis di Bangkok mengatakan, tindakan itu melanggar prinsip hak asasi manusia universal dan kebijakan Thailand.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Mengingat situasi kekerasan umum di Myanmar, semua warga negara Myanmar di Thailand harus diberi status perlindungan sementara dan, sesuai hukum Thailand, tidak seorang pun boleh dipaksa untuk kembali ke situasi di mana mereka mungkin menghadapi pelanggaran hak asasi manusia yang berat,” Patrick Phongsathorn dari organisasi hak asasi manusia Fortify Rights, Selasa (11/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kelompok hak asasi manusia itu menilai, orang-orang tersebut kemungkinan berada dalam bahaya akibat aktivitas mereka melawan pemerintah Myanmar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan Nasional Thailand yang dibocorkan ke media lokal mengatakan, pemulangan itu mengikuti kebijakan resmi. Ketiga pria itu tidak menampilkan diri mereka sebagai pejuang dalam konflik sipil yang brutal di Myanmar.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Media independen Myanmar, yang beroperasi di bawah tanah dan di pengasingan, melaporkan, ketiga pria itu adalah anggota kelompok perlawanan yang disebut Komando Batalyon Singa. Mereka menyeberang ke Thailand bulan lalu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Presiden Korsel akan Sampaikan Pernyataan Publik Usai Kalah Pemilu

Laporan media Myanmar mengatakan, tiga pria yang diidentifikasi sebagai Thiha (38 tahun), Saw Phyo Lay (26 tahun), dan Htet Naing Win (31 tahun) ditangkap pada 31 Maret di pos pemeriksaan jalan Thailand. Mereka dikirim kembali ke Myanmar pada 4 April.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Laporan itu mengatakan, ketiga orang tersebut dipulangkan dengan menggunakan perahu melintasi Sungai Moei di perbatasan Thailand.  Mereka melompat keluar dari perahu untuk mencoba melarikan diri tetapi ditembak dan terluka. Mereka kemudian ditangkap oleh Pasukan Penjaga Perbatasan Myanmar, yang terdiri dari milisi etnis minoritas yang bersekutu dengan pemerintah militer.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pasukan Penjaga Perbatasan kemudian menyerahkan mereka ke militer Myanmar.  Satu orang dilaporkan meninggal karena luka tembak. Pemerintah Thailand belum memberikan laporan publik lengkap tentang peristiwa tersebut. Tetapi dokumen Dewan Keamanan Nasional yang bocor mengatakan, ketiga pria itu termasuk di antara kelompok besar warga negara Myanmar yang ditangkap setelah menyeberang secara ilegal ke Thailand dan tidak dipilih untuk dipulangkan kembali. Ribuan penduduk desa melarikan diri dari pertempuran di Myanmar minggu lalu dan mendapatkan tempat tinggal sementara di Provinsi Tak, Thailand.

Menurut dokumen itu, ketiga pria tersebut ditangkap di sebuah pos pemeriksaan. Mereka tidak memiliki paspor atau dokumen identitas apa pun dan didakwa masuk secara ilegal.  Ketiganya mengatakan kepada pihak berwenang bahwa mereka telah memasuki Thailand untuk menghadiri pemakaman ibu dari seorang teman.

Berita Lainnya:
Hizbullah Luncurkan Puluhan Roket ke Israel

Dokumen itu juga mengatakan, para pejabat Thailand belum menerima pemberitahuan bahwa ketiga pria itu adalah pejuang anti-pemerintah di Myanmar. Sejauh ini tidak ada kelompok yang menghubungi mereka untuk meminta agar mereka tidak dipulangkan.

Yayasan Pemberdayaan Rakyat menyatakan, ketiga orang itu bukan bagian dari kelompok tahanan yang lebih besar.  Kelompok hak asasi manusia setempat telah mendekati pejabat untuk membahas situasi ketiga pria tersebut tetapi disuruh kembali keesokan harinya. Namun ketika kelompok tersebut kembali menemui pejabat setempat, ketiga orang itu telah dipulangkan ke Myanmar.

“Petugas keamanan perbatasan Thailand menyadari sepenuhnya bahwa BGF (Pasukan Penjaga Perbatasan) bukanlah zona aman bagi warga negara Myanmar yang melarikan diri dari pertempuran.  Mengirim ketiga pria itu ke wilayah BGF karena itu mau tidak mau mengirim mereka ke kematian mereka dengan siksaan.  Mengapa petugas keamanan Thailand melakukan itu?”  kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan pada Senin (10/4/2023).

Dua partai politik Thailand juga melontarkan kritik serupa. Pada Sabtu (8/4/2023) Rangsiman Roma, juru bicara oposisi Forward Party mengatakan pemulangan itu mencerminkan hubungan dekat antara Thailand dan pemerintah militer Myanmar. Sementara partai oposisi lainnya, The Commoners Party mengatakan, pihak berwenang Thailand mungkin telah melanggar hukum internasional.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi