Minggu, 14/04/2024 - 20:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Peringati Hari Kartini 2023, BEM Unkris Gelar Pemilihan Duta Kartini Muda

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) melalui Kementerian Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan menggelar kegiatan Pemilihan Kartini Muda Unkris dalam rangka memperingati Hari Kartini 2023. Rangkaian kegiatan yang digelar selama 4 hari yakni 14 Maret hingga 17 Maret 2023 tersebut ditutup dengan pengukuhan Duta Kartini Muda Unkris pada Rabu (12/4/2023) di Gedung Prof. A.Karim Nasution.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Hadir dalam pengukuhan Duta Kartini Muda, Rektor Unkris Ayub Muktiono, Dekan Fakultas Teknik Dr. Harjono Patmono Putro, Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK) Unkris Dr Susetya Herawati, Presiden Mahasiswa Unkris Arafanggi Cipta Gunatama, dan Menteri Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan BEM Unkris Sarah Bouzaidi.

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Bustami Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh
ADVERTISEMENTS

Dalam seleksi yang melibatkan ratusan mahasiswi Unkris tersebut, terpilih Hana Nadiah, mahasiswi Fakultas Teknik Mesin semester 4 angkatan 2021. Hana merupakan satu-satunya mahasiswi di kelas angkatannya.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Arafanggi Cipta Gunatama mengatakan, kegiatan pemilihan Kartini Muda menjadi bagian dari dukungan BEM Unkris mendorong perempuan terutama mahasiswi Unkris untuk terus maju. “Kami mengambil momen peringatan Hari Kartini untuk mendorong mahasiswi Unkris berkiprah dan mencapai kemajuan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis (13/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Iklan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan

Arafanggi menjelaskan, berbagai program yang memberikan ruang lebih luas untuk berkarya bagi mahasiswi telah dipersiapkan BEM Unkris, termasuk membentuk unit baru yakni Kementerian Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan. “Kementerian ini baru kami bentuk sebagai respons cepat isu kekerasan seksual di lingkungan kampus. Dan tentu saja ini sekaligus menjadi bagian dari dukungan BEM terhadap kebijakan kampus dalam implementasi Permendikbudristek No 30/2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Penutupan Pilmapres PTMA, Septa Candra: Pembinaan Mahasiswa tak Bisa Dilakukan Instan

Arafanggi juga menyampaikan bahwa BEM Unkris berkoordinasi dengan Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Unkris telah berkomiten untuk menindak tegas kasus-kasus pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kampus Unkris. “Termasuk jika Presiden Mahasiswa dan Wapresma terbukti secara hukum melakukan kekerasan seksual atau pelecehan seksual, siap mundur dari jabatan,” tegas dia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Pada kesempatan yang sama Menteri Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan BEM Unkris Sarah Bouzaidi menjelaskan, pemilihan Kartini Muda merupakan kegiatan yng digelar BEM untuk memilih sosok Kartini Muda Unkris yang kemudian ditetapkan sebagai Duta Kartini Muda. “Mekanisme seleksinya yang digelar antarfakultas ini cukup ketat mulai dari uji kemampuan hingga uji gagasan peserta yang mendorong kemajuan masa depan,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Usai ditetapkan sebagai Duta Kartini Muda, Hana Nadiah, membacakan pakta integritas yang terdiri atas 7 poin. Dari 7 poin pakta integritas. Yakni bertakwa kepada Tuhan YME, senantiasa menjaga citra dan nama baik Kementerian Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan BEM Unkris serta BEM, memberikan dan menjaga cerminan perilaku, sikap, dan tutur kata seorang Duta Kartini Muda yang berintelektual, sopan, ramah, jujur. Kemudian mampu berpikir kritis dan memiliki semangat juang yang tinggi, bersedia mengabdi dan berkomitmen untuk menjalankan tugas dan wewenang sebagai Duta Kartini Muda Unkris dengan sungguh-sungguh dan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
Berita Lainnya:
Dukung Proses Pembelajaran, Cyber University Hadirkan Fasilitas Lengkap 

Terkait kegiatan pemilihan Duta Kartini Muda, Rektor Unkris Dr Ayub Muktiono menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang digelar BEM Unkris. Menurutnya, program BEM ini bisa disenergikan dengan Satgas PPKS Unkris guna meminimalisasi potensi tindak kekerasan seksual di lingkungan kampus.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Lewat Duta Kartini Muda, kami menitip pesan untuk terus mengajak para mahasiswi Unkris lebih banyak berkiprah dalam berbagai kegiatan terutama di lingkungan kampus. Kami juga mengajak BEM Unkris bersinergi dengan Satgas PPKS yang sudah kami bentuk,” jelas Rektor Unkris.

ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

Sementara, Dekan FT Unkris Dr Harjono Patmono Putro mengatakan, menjadi Duta Kartini Muda memiliki tugas yang mulia, tidak hanya mensosialisasikan pentingnya emansipasi bagi perempuan tetapi sekaligus mengonstruksi cara berpikir perempuan untuk meninggalkan pemikiran yang menghambat langkahnya dan terus berupaya berkarya untuk bisa sejajar kaum pria. “Tentu tanpa harus melupakan kodratnya sebagai ibu. Sebab ibu memiliki peran sangat strategis untuk membangun generasi berkualitas melalui pendidikan di lingkungan keluarga,” tambahnya.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi