Sabtu, 20/04/2024 - 16:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Cara Kabupaten Gorontalo Tangani Kemiskinan Ekstrem

ADVERTISEMENTS

Kemiskinan ekstrem (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

GORONTALO — Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, memaparkan langkah strategis dan program pemerintah daerah yang dipimpinnya dalam mengatasi kemiskinan ekstrem.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Masalah kemiskinan bukan hanya sekadar data, akan tetapi ini menjadi urusan kemanusiaan yang menjadi urusan wajib pemerintah daerah,” kata Bupati Thariq, di Gorontalo, Rabu (13/4/2023).

ADVERTISEMENTS

Ia telah memaparkan langkah strategis yang dilakukan pemerintah daerah tersebut, saat dirinya menjadi pembicara pada forum pemaparan perkembangan desa Kabupaten Gorontalo Utara dan penyampaian program pendamping Ceria yang agresif dan antusias melaksanakan pendataan dan pendampingan pembagian bantuan kemiskinan ekstrem, berlangsung di Kementerian Desa.

Berita Lainnya:
Eva Daniawati Mahasiswi IPB Jadi Korban Tewas Kecelakaan Maut di Tol Cikampek Km 58, Warga Kuningan

Pemerintah daerah melakukan intervensi anggaran untuk penanganan kemiskinan ekstrem. Juga mengaktifkan seluruh tenaga pendamping Ceria yang ditempatkan di setiap desa dan kecamatan, termasuk para koordinator tingkat kabupaten.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Mereka diwajibkan berkoordinasi melakukan pengawalan terhadap program-program desa agar setiap data dan tindakan di lapangan dapat sinergi dan tepat sasaran,” kata Bupati Thariq.

Untuk mengatasi persoalan kemanusiaan tersebut, pemerintah daerah pun memastikan para tenaga pendamping Ceria yang didanai melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten, bertugas mengawal pembagian bantuan. Baik melalui Dinas Sosial Provinsi Gorontalo maupun kabupaten.

Berita Lainnya:
Kemensos Klaim Belasan Ribu Keluarga Keluar dari Kemiskinan Ekstrem

Penyaluran bantuan dikawal agar tepat sasaran, juga menggali informasi di setiap rumah penduduk terkait pemanfaatan bantuan dan seefektif apa bantuan tersebut dapat menangani kemiskinan ekstrem.

“Ini menjadi skala prioritas untuk sangat ditangani serius. Termasuk secara periodik melakukan koordinasi dengan para kepala desa dan camat terkait program-program penanganan kemiskinan di daerah ini,” imbuhnya.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi