Jumat, 26/04/2024 - 07:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pemudik Bisa Istirahat dan Mencoba Langsung ‘Pesawat’ Presiden Jokowi di Jalur Gentong

ADVERTISEMENTS

TASIKMALAYA — Jalur Gentong di wilayah Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu jalanan yang memiliki medan cukup berat untuk dilalui pemudik. Selain memiliki banyak tikungan, kontur jalan di jalur itu juga naik turun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kendati demikian, masyarakat tak perlu takut untuk mudik melalui Jalur Gentong. Sebab, di jalur itu terdapat banyak tempat istirahat atau rest area untuk pemudik yang kelelahan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Salah satunya adalah Rest Area Wisata Arifin Manasik Center di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, yang berada persis di pinggir Jalur Gentong. Rest Area Wisata Arifin Manasik Center berada di sisi kiri jalan dari arah Garut menuju Tasikmalaya. Lokasinya berjarak sekitar 300 meter dari batas antara Kabupaten Garut dan Tasikmalaya

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tempat itu belum genap satu bulan beroperasi. Namun keberadaan replika pesawat Presiden Joko Widodo di rest area itu menjadi magnet tersendiri bagi pemudik yang hendak mampir beristirahat.

ADVERTISEMENTS

Area Supervisor Rest Area Wisata Arifin Manasik Center, Momahad Farid Yusuf, mengatakan, tempat beristirahat yang memiliki luas sekitar 1 hektare itu baru beroperasi dua dalam pekan terkahir. Namun, sejumlah fasilitas yang ada seperti restoran pesawat, replika istana negara, toilet eksekutif, hingga kantin, sudah bisa digunakan oleh masyarakat yang datang.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Konsep kami sebenarnya memang rest area wisata,” kata dia saat ditemui Republika.co.id di kantornya beberapa waktu lalu.

Berita Lainnya:
Gunung Ruang Erupsi, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Tagulandang Dievakuasi

Ia menjelaskan, di Rest Area Wisata Arifin Manasik Center terdapat toilet eksekutif yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari wifi, televisi, ac, dan water heater. Pintu masuk ke toilet itu pun dibuat otomatis.

Masyarakat yang hendak mencoba toilet eksekutif itu hanya dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. “Kami tidak batasi waktunya untuk setiap orang,” kata Farid.

Selain terdapat toilet eksekutif, di rest area itu juga ada restoran dengan ruang VIP di dalam replika pesawat Presiden Joko Widodo. Namun, untuk dapat makan di dalam replika pesawat itu, tamu harus memesan makanan dengan batas minimal Rp 800 ribu untuk empat orang atau Rp 400 ribu untuk dua orang.

“Selain di dalam pesawat, kami juga sediakan tempat makan indoor dan outdoor, yang segmentasinya kalangan menengah ke atas,” ujar dia.

Farid mengatakan, restoran pesawat itu memang menyasar kalangan mengenah atas. Namun, masyarakat lainnya tak perlu khawatir. Pasalnya, pihak manajemen juga telah menyediakan kantin yang menyediakan makanan seperti bakso, mi ayam, atau seblak, dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain tempat untu makan, di Rest Area Wisata Arifin Manasik Center juga terdapat sebuah bangunan yang merupakan replika Istana Negara. Di dalamnya, terdapat berbagai wahana bermain anak.

Berita Lainnya:
Jasa Marga: 961 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jabotabek pada H+3 Lebaran

“Karena banyak pemudik yang membawa anak. Jadi kami menyediakan tempat anak,” kata Farid.

Harga tiket untuk dapat menikmati wahana bermain untuk anak di tempat itu bervariasi. Untuk hari biasa, setiap orang anak dikenakan tiket Rp 30 ribu per satu jam atau Rp 50 ribu per dua jam. Sementara untuk akhir pekan, harga tiket yang berlaku adalah Rp 50 ribu per satu jam atau Rp 80 ribu per dua jam.

Bagi pemudik yang berencana datang ke Rest Area Wisata Arifin Manasik Center, Farid mengatakan, tak ada tiket yang diberlakukan untuk dapat masuk ke Rest Area Wisata Arifin Manasik Center. Namun, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir Rp 5.000 untuk mobil atau Rp 3.000 untuk motor.

Farid mengatakan, pihaknya akan terus menambahkan fasilitas yang ada di tempat itu. Rencananya, di tempat itu juga akan dibangun SPBU. “Sekarang tahapannya masih dalam proses perizinan,” kata dia.

Selain itu, untuk masyarakat sekitar, rest area itu juga akan dijadikan sebagai tempat manasik haji. Sebab, sesuai namanya, konsep rest area itu juga merupakan pusat untuk melakukan kegiatan manasik.

Banyak keuntungan nabung di bank syariah loh. Intip-intip, Kamu nasabah di bank syariah mana yaa?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi