Jumat, 17/05/2024 - 05:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Pengamat Ungkap Kelebihan Bila PHE Cari Dana Melalui IPO

JAKARTA — Associate Director BUMN Research Group LM FEB Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menyatakan banyak keuntungan diperoleh dari penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO) di antaranya perusahaan akan memperoleh dana yang bersifat ekuitas (equity).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Artinya tidak akan berdampak pada penambahan beban untuk bayar bunga dan pokok utang dibandingkan jika misal pendanaan dilakukan dari utang,” kata Toto di Jakarta, menanggapi rencana IPO PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Oleh karena itu, lanjutnya, IPO yang sukses akan memberikan dampak pada citra PHE ke publik, bahwa emiten cukup diminati investor karena dianggap mempunyai prospek yang bagus. Menurut dia, pencarian dana memang sangat diperlukan PHE sebab BUMN tersebut merupakan mesin penggerak utama Pertamina dalam eksplorasi dan eksploitasi migas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Pertamina Jaga Stok Avtur Bandara Bali Hadapi Lonjakan Kunjungan Turis

Tanpa eksplorasi baru, tentu sulit meningkatkan total lifting Indonesia sampai dengan satu juta barel per hari. Untuk itu dibutuhkan investasi besar dimana dana yang diperoleh bukan dari sisi internal perusahaan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Toto menilai wajar jika besarnya biaya investasi itulah menjadikan PHE lebih memilih IPO dibandingkan menggunakan keuntungan perusahaan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Terkait keberadaan investor yang akan membeli saham perusahaan, Toto juga menilai positif. Karena keberadaan investor justru memicu manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dikatakannya, kepentingan investor adalah mendapatkan return yang cukup dari investasinya, baik berupa dividen maupun capital gain. Investor akan tetap memegang saham PHE bila kinerja perusahaan saat ini dan ke depan dianggap tetap memiliki prospek positif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Makanya, tugas manajemen adalah mengelola korporasi sebaik-baiknya agar tetap diminati investor,” ujar Toto melalui keterangan tertulis.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Peningkatan kinerja tersebut, menurut Toto banyak diperlihatkan berbagai perusahaan, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak BUMN yang masuk bursa saham. Bahkan, riset global menyatakan, kinerja banyak perusahaan di berbagai negara juga meningkat dibandingkan sebelum menjadi perusahaan terbuka.

Berita Lainnya:
LPEI Berikan Pelatihan dan Pembinaan Bagi Penderes Desa Devisa Gula Aren Maros

Peningkatan kinerja terjadi, karena perusahaan yang go public tidak hanya mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk investasi, tapi sekaligus wajib menerapkan prinsip transparansi sehingga bisa meningkatkan aspek tata kelola perusahaan yang baik. “Jadi, itu alasan untuk mendorong PHE agar menjadi listed company (terdaftar di bursa),” demikian dikatakan Toto.

 

sumber : ANTARA

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi