Sabtu, 22/06/2024 - 12:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Presiden Erdogan Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Erdogan meresmikan pembangkit listrik tenaga nuklir melalui panggilan video pada Kamis (27/4/2023).

 ANKARA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan pembangkit listrik tenaga nuklir melalui panggilan video pada Kamis (27/4/2023). Ini merupakan penampilan publik pertama Erdogan sejak jatuh sakit.

Wajah Erdogan masih tampak pucat. Dia duduk di belakang meja dikelilingi oleh anggota Kabinet, pembantu dan sekutu politik untuk memimpin peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Akkuyu di Turki selatan. Pembangunan pembangkit ini bekerja sama dengan Rusia.

Dalam pidatonya, Erdogan mengatakan bahwa dia bangga karena telah menempatkan Turki di antara negara-negara bertenaga nuklir lainnya di dunia. Presiden Rusia Vladimir Putin juga hadir dalam peresmian tersebut melalui video. Putin menggambarkan pembangkit itu sebagai proyek terbesar dalam sejarah hubungan Turki-Rusia.

Berita Lainnya:
China Aktifkan Aturan Garda Penjaga Pantai Bisa Gunakan Senjata ke Kapal Asing

Dengan peresmian itu, maka pembangkit listrik Akkuyu secara resmi menjadi fasilitas tenaga nuklir pertama di Turki. Pembangkit ini diperkirakan akan menghasilkan sekitar 10 persen dari kebutuhan listrik Turki. Pembangkit tersebut dibangun oleh perusahaan energi nuklir negara Rusia, Rosatom.

Fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir itu masih dalam proses pembangunan, dan sedang dirancang untuk menahan gempa kuat. Lokasinya pembangkit ini berada di tepi garis patahan seismik utama, sehingga menimbulkan kekhawatiran terutama di negara terdekat, Siprus.

Berita Lainnya:
Geram dengan Pemboman Rafah, Tentara Mesir Baku Tembak dengan IDF

“Kami tidak melupakan ribuan korban dari gempa berkekuatan 7,8 pada 6 Februari 2023. Selama bertahun-tahun kami menentang proyek ini yang dapat mengakibatkan konsekuensi serius terhadap lingkungan dan keamanan seluruh Mediterania timur,” kata sebuah pernyataan dari Platform Anti-Nuklir Siprus.

sumber : AP

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا الكهف [107] Listen
Indeed, those who have believed and done righteous deeds - they will have the Gardens of Paradise as a lodging, Al-Kahf ( The Cave ) [107] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi