Jumat, 26/04/2024 - 10:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Nasdem Yakin Anies akan Patuhi UU IKN

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Ketua DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto mengatakan bahwa Anies Rasyid Baswedan juga mengutamakan prinsip keberlanjutan jika terpilih sebagai presiden periode 2024-2029. Termasuk soal pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia sendiri hadir dalam makan siang bersama antara Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Pertemuan tersebut dikatakannya tak secara khusus membahas terkait IKN.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“kalau tanya, ‘Ke mana Pak Anies, melanjutkan atau tidak (IKN)?’ Loh sesuatu yang sudah jadi undang-undang, bagaimana? Kita harus menghormati tata kelola pemerintahan, tata kelola bernegara, undang-undang harus dilaksanakan oleh siapapun,” ujar Sugeng di Kantor Sekretariat Perubahan, Jakarta, Jumat (5/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Prabowo Menang, Fedi Nuril Ditagih 'Janji' Pindah Negara

Terkait pembangunan IKN Nusantara, Anies tegasnya tak dapat dikaitkan sebagai antitesa dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab sekali lagi disampaikannya, pembangunan IKN sudah diatur lewat peraturan perundang-undangan.

ADVERTISEMENTS

Bahkan, ia menyebut Anies sebagai sintesa atau perpaduan dari presiden Indonesia sebelumnya. Salah satunya adalah Jokowi, di mana Anies diyakininya juga akan menghadirkan keberlanjutan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Itu confirm, sehingga tema besarnya adalah perubahan untuk persatuan, kan begitu. Perubahan dan juga, change dan continuity,” ujar Ketua Komisi VII DPR itu.

Sebelumnya, Anies menjawab pertanyaan terkait pembangunan IKN Nusantara jika ia terpilih sebagai presiden periode 2024-2029. Jelasnya, ia akan mengikuti peraturan perundangan-undangan yang ada, dalam hal ini Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Berita Lainnya:
Ketum GIM Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Prabowo-Gibran

“IKN ini bukan di level gagasan saja, IKN ini sudah menjadi undang-undang dan kita semua ketika dilantik untuk tugas apa pun, itu sumpahnya melaksanakan undang-undang,” ujar Anies di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

“Ini berbeda kalau kita membahas ini dua tahun yang lalu, pada saat itu masih gagasan, sehingga kita bicara pro dan cons,” sambungnya.

Ditanya lebih lanjut, apakah ia akan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) untuk membatalkan UU IKN jika terpilih sebagai presiden? Anies menjawab singkat. “Pada fase ini kita laksanakan undang-undangnya saja dulu,” ujar Anies.

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi