Harian Aceh Indonesia menampilkan berbagai iklan online kepada para pengunjung. Mohon dukungannya untuk membiarkan situs kami ini tetap menayangkan iklan dan dijadikan whitelist di ad blocker browser anda.
Selasa, 11/06/2024 - 18:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Vietnam Catat Rekor Suhu Tertinggi yang Pernah Ada 44,1 Derajat Celcius

 HANOI — Vietnam telah mencatat suhu tertinggi yang pernah ada, lebih dari 44 derajat Celcius (111 derajat Fahrenheit). Para ahli memperkirakan bahwa suhu tersebut kemungkinan akan jauh lebih tinggi lagi karena terjadi perubahan iklim.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Rekor ini terjadi di provinsi utara Thanh Hoa, di mana para pejabat memperingatkan orang-orang untuk tetap berada di dalam rumah selama waktu terpanas sepanjang hari. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Negara-negara lain di kawasan Asia tenggara ini juga mengalami cuaca yang sangat panas. Thailand melaporkan suhu udara yang menyamai rekor 44,6 derajat Celcius di provinsi Mak bagian barat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sementara itu, media Myanmar melaporkan, sebuah kota di bagian timur mencatat suhu 43,8 derajat Celcius, sebagai suhu tertinggi dalam satu dekade terakhir.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Kedua negara ini mengalami periode cuaca panas sebelum masuknya musim penghujan. Namun intensitas cuaca panas kali ini telah memecahkan rekor cuaca panas sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Menaklukkan Panas Terik: Tips Jitu Jaga Tubuh Tetap Sehat dan Nyaman

Di Hanoi, pakar perubahan iklim Nguyen Ngoc Huy mengatakan kepada AFP, rekor baru cuaca panas di Vietnam ini sangat mengkhawatirkan. Hal itu mengingat konteks perubahan iklim dan pemanasan global yang terus terjadi saat ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Saya yakin rekor ini akan terulang berkali-kali. Ini menegaskan bahwa model iklim ekstrem terbukti benar,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Dunia telah memanas sekitar 1,1 derajat Celcius sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali jika pemerintah melakukan pengurangan emisi secara drastis. Di kota pusat Vietnam, Danang, petani Nguyen Thi Lan mengatakan kepada AFP bahwa suhu panas memaksa para pekerja untuk mulai bekerja lebih awal dari sebelumnya dan selesai pada pukul 10:00.

ADVERTISEMENTS

Rekor suhu Vietnam sebelumnya adalah 43,4 derajat Celcius yang terjadi di provinsi Ha Tinh empat tahun yang lalu. Lebih jauh ke barat, ibu kota Bangladesh, Dhaka, mencatat suhu tertinggi sejak tahun 1960-an sementara pihak berwenang India mengatakan bahwa beberapa wilayah di negara itu mengalami suhu tiga atau empat derajat di atas normal.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Merawat Kesehatan Kulit Pria Saat Cuaca Panas, Begini Caranya
ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Pada bulan April, Spanyol mencatat suhu terpanas yang pernah terjadi pada bulan tersebut, mencapai 38,8 derajat Celcius di bandara Cordoba di bagian selatan negara tersebut.

Pada bulan Maret, para ilmuwan iklim mengatakan bahwa target suhu global yang penting kemungkinan besar akan terlewatkan.

Pemerintah-pemerintah sebelumnya telah sepakat untuk bertindak guna menghindari kenaikan suhu global di atas 1,5 derajat Celcius. Namun, dunia telah menghangat sebesar 1,1 derajat Celcius dan sekarang para ahli mengatakan bahwa suhu dunia kemungkinan akan menembus 1,5 derajat Celcius pada tahun 2030-an.

Dalam laporannya, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB mengatakan bahwa \”setiap peningkatan pemanasan global akan meningkatkan berbagai bahaya yang terjadi secara bersamaan\”.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ البقرة [156] Listen
Who, when disaster strikes them, say, "Indeed we belong to Allah, and indeed to Him we will return." Al-Baqarah ( The Cow ) [156] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi