Selasa, 21/05/2024 - 11:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Wartawan AFP Tewas dalam Serangan Roket di Ukraina

Foto udara gedung apartemen yang dihantam roket Rusia di Kramatorsk, Ukraina (ilustrasi), Kantor berita internasional Prancis, Agence France-Presse (AFP), mengatakan koordinator videonya di Ukraina terbunuh pada Selasa (9/5/2023), dalam sebuah serangan roket di dekat kota Bakhmut, Ukraina timur.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 PARIS — Kantor berita internasional Prancis, Agence France-Presse (AFP), mengatakan koordinator videonya di Ukraina terbunuh pada Selasa (9/5/2023), dalam sebuah serangan roket di dekat Kota Bakhmut, Ukraina timur.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Arman Soldin, 32 tahun, sedang bersama tim jurnalis AFP yang sedang melakukan perjalanan dengan tentara Ukraina ketika kelompok tersebut ditembaki dengan roket Grad, dalam penjelasan kantor berita AFP. Anggota tim AFP lainnya tidak mengalami luka-luka.

Berita Lainnya:
Helikopter Presiden Iran Raisi Hancur dan Terbakar, Kemungkinan Hidup Kecil

“Serangan pada sore hari itu terjadi di sekitar Chasiv Yar, sebuah kota di dekat Bakhmut,” kata kantor berita itu. Pasukan Rusia telah berusaha merebut kota itu selama sembilan bulan, menjadikan Bakhmut sebagai fokus pertempuran terpanjang dalam perang tersebut.

“Kematiannya adalah pengingat yang mengerikan akan risiko dan bahaya yang dihadapi para jurnalis setiap hari dalam meliput konflik di Ukraina,” kata ketua AFP Fabrice Fries.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Soldin lahir di Sarajevo, yang kini menjadi ibu kota Bosnia, dan merupakan warga negara Prancis, menurut AFP. Dia tiba di Ukraina untuk meliput perang sehari setelah invasi Rusia pada 24 Februari 2022, dan telah melakukan perjalanan secara teratur ke garis depan dalam beberapa bulan terakhir.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Jarak Pendek ke Laut Timur

AFP mengatakan bahwa mereka sangat terpukul atas kematian Soldin. “Semua pikiran kami tertuju pada keluarga dan orang-orang yang dicintainya,” ujar Fries.

Pada Mei 2022, jurnalis Prancis Frederic Leclerc-Imhoff, yang bekerja di Ukraina untuk BFM-TV, juga telah terbunuh di dekat Severodonetsk di bagian timur.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Setidaknya 10 pekerja media telah terbunuh saat meliput perang di Ukraina, menurut Reporters Without Borders (RSF) dan Komite untuk Melindungi Jurnalis. Direktur RSF Christophe Deloire memuji keberanian para wartawan yang meliput perang tersebut dan menyebut kematian Soldin sebagai tragedi bagi mereka yang membela independensi dan keandalan informasi. 

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi