Minggu, 16/06/2024 - 06:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Inisiatif One Health, Cara ASEAN Antisipasi Pandemi

JAKARTA – ASEAN akan mempromosikan konsep One Health untuk menangani ancaman di bidang kesehatan, termasuk pandemi. ASEAN pun siap mengembangkan One Health Joint Plan of Action.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Mengakui peningkatan risiko dan kerentanan setiap negara anggota terhadap ancaman terhadap manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan dengan potensi epidemi dan pandemi termasuk zoonosis, bahaya pangan, resistensi antimikroba, yang diperburuk oleh perubahan iklim telah menunjukkan pentingnya multisektoral dan pendekatan kolaboratif One Health,” kata para pemimpin ASEAN dalam deklarasi bersama yang dirilis pada hari pertama penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Para pemimpin ASEAN mengakui pendekatan One Health yang berkelanjutan membutuhkan sumber daya dan dukungan memadai dari entitas pemerintah, non-pemerintah, dan internasional serta pembangunan. Oleh karena itu, mereka berkomitmen membangun ASEAN One Health Network yang didukung Sekretariat ASEAN. Tujuannya adalah memperkuat kolaborasi multisektoral dan koordinasi inisiatif One Health di antara negara anggota ASEAN.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kisah Nyata Caroline Pover: Kena Strok Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 AstraZeneca

ASEAN berkomitmen menetapkan ancaman kesehatan prioritas terhadap manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan. “Termasuk patogen zoonosis yang menyebabkan wabah dan potensi pandemi, untuk memandu investasi, penelitian, dan pengembangan untuk kegiatan pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons,” kata para pemimpin ASEAN.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Selain itu, ASEAN juga berkomitmen mengembangkan ASEAN One Health Joint Plan of Action. Tujuannya meningkatkan kapasitas serta kemampuan regional dan nasional dengan target nyata, terukur, dan terikat waktu, yang menyerukan penguatan kolaborasi lintas sektoral yang terlibat dalam manusia, hewan, tanaman, dan kesehatan lingkungan, serta keamanan pangan di antara negara anggota ASEAN. Hal itu termasuk melalui kerja sama bilateral dan multilateral.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Pakar Militer: Serangan Pejuang Palestina Kian Mematikan

“Mendorong negara anggota ASEAN mengkonsolidasikan semua inisiatif One Health serta mengarusutamakan pendekatan dan implementasi ke dalam badan-badan sektoral yang relevan, termasuk namun tidak terbatas pada kesehatan masyarakat, hewan, satwa liar, tanaman, lingkungan dan makanan dengan kemajuan kapasitas nasional dan regional untuk mencegah, mendeteksi dan merespons ancaman di masa depan serta untuk menyeimbangkan dan mengoptimalkan kesehatan antarmuka manusia-hewan-tanaman-lingkungan secara berkelanjutan,” kata para pemimpin ASEAN.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

فَلَمَّا بَلَغَا مَجْمَعَ بَيْنِهِمَا نَسِيَا حُوتَهُمَا فَاتَّخَذَ سَبِيلَهُ فِي الْبَحْرِ سَرَبًا الكهف [61] Listen
But when they reached the junction between them, they forgot their fish, and it took its course into the sea, slipping away. Al-Kahf ( The Cave ) [61] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi