Jumat, 17/05/2024 - 10:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Produksi Tebu Cirebon Meningkat, PG Sindanglaut Kembali Beroperasi

 CIREBON — Produksi tebu di Kabupaten Cirebon terus mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir. Dengan adanya peningkatan itu, maka Pabrik Gula (PG) Sindanglaut yang tutup sejak 2020 lalu, kembali beroperasi untuk musim giling tahun ini. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, Kabupaten Cirebon merupakan sentra perkebunan tebu di Jawa Barat. Bahkan, luas areal lahan perkebunan tebu di Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan sepanjang dua tahun terakhir.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Berdasarkan data produksi pada tahun 2022 lalu, luas lahan perkebunan tebu di Kabupaten Cirebon mencapai 4.166,60 hektare. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 847,54 hektare dibandingkan tahun 2021 yang tercatat hanya seluas 3.670,71 hektare.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Pengawasan RTH Angke Diperketat Usai Penemuan Kondom Berserakan

Imron menilai, peningkatan luasan areal perkebunan tebu itu menandakan bahwa semangat dan antusiasme petani di Kabupaten Cirebon untuk menanam tebu masih cukup tinggi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Ini juga dibuktikan dengan adanya pengaktifan kembali PG Sindanglaut pada musim giling tahun 2023, setelah berhenti giling selama tiga tahun,” ujar Imron, saat menghadiri pengaktifan kembali PG Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Rabu (17/5/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Imron menjelaskan, giling tebu merupakan kegiatan untuk menuai hasil panen tebu. Kegiatan giling itu merupakan akhir dari penantian para petani setelah menanam dan memelihara tanaman tebu selama kurang lebih sepuluh bulan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Imron menyebutkan, pada tahun pertama beroperasinya kembali PG Sindanglaut, target tebu yang digiling sebanyak 1.827.224 kuintal. Adapun sasaran rendemennya sebesar 7,50 persen dan produksi gula sebesar 137.526 kuintal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Disdik Pekanbaru Imbau Acara Perpisahan Sekolah Digelar Sederhana

“Petani dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Cirebon menyambut baik kabar bahagia beroperasinya kembali PG Sindanglaut,” tukas Imron.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Imron berharap, dengan dibukanya kembali PG Sindanglaut, petani tebu termotivasi untuk kembali melaksanakan budidaya tebu sesuai good agriculture procedure (GAP). Sehingga, bahan baku giling di PG Sindanglaut dapat tercukupi dan tanaman tebu kembali menjadi salah satu komoditas unggulan.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut, hadir pula Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, perwakilan Muspika Lemahabang dan instansi terkait.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi