Cina Yakin KA Cepat Jakarta-Bandung Percepat Pembangunan Indonesia

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto
ADVERTISEMENTS

Rangkaian kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) melaju saat menjalani uji coba di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/2/2023). PT KCIC melakukan uji fungsi (testing and commissioning) dengan meningkatkan secara bertahap laju perjalanan CIT KCJB dari sebelumnya rata-rata 60 kilometer per jam menjadi 180 kilometer per jam.

ADVETISEMENTS

 BEIJING — Pemerintah Cina meyakini kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung mampu mempercepat program pembangunan nasional di Indonesia. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan uji fungsi KA Cepat Jakarta-Bandung pada Senin dari Stasiun Tegal Luar menuju Stasiun Halim.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Kami yakin melalui upaya bersama kedua negara (Cina-Indonesia), kereta cepat Jakarta-Bandung akan mempercepat pembangunan Indonesia dan wilayah yang lebih luas lagi,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning di Beijing, Selasa (23/5/2023).

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Dia bangga kepada kereta cepat Jakarta-Bandung karena merupakan proyek kereta api Cina pertama di luar negeri yang mencakup keseluruhan sistem produksi dan rantai pasokan. “Ini adalah proyek unggulan kerja sama kualitas tinggi BRI (Prakarsa Sabuk Jalan) Cina-Indonesia,” kata dia menanggapi keberhasilan uji coba KA Cepat Jakarta-Bandung pada Senin (22/5/2023) itu.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, proyek tersebut layak menjadi contoh yang sangat bagus bagi Cina dalam menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan memberikan manfaat bersama.

ADVERTISEMENTS

“Proyek tersebut akan menjadi kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara,” kata dia.

PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) melakukan uji fungsi KA Cepat Jakarta-Bandung pada Senin dari Stasiun Tegal Luar menuju Stasiun Halim.

Menurut rencana, kereta cepat tersebut akan mulai beroperasi pada 18 Agustus 2023.

“Kami yakin kereta cepat tersebut akan beroperasi sesuai jadwal,” kata Mao Ning.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version