Sabtu, 27/04/2024 - 01:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Ini Proyek Pembangkit PLN untuk Target Emisi Bersih 2060

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — PT PLN (Persero) menyatakan telah melakukan finalisasi terhadap sederet proyek pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan demi mendukung target Net Zero Emission atau emisi nol bersih tahun 2060. Proyek pembangkit listrik tersebut utamanya mengandalkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di sejumlah daerah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Proyek tersebut juga sekaligus demi merealisasikan Just Energy Transition Partnership (JETP) dalam mempercepat program transisi energi di Indonesia sesuai hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN, Evy Haryadi mengatakan, dalam G20 tahun lalu pemerintah Indonesia telah menandatangani kesepakatan dengan JETP untuk transisi energi di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sebagaimana telah disebutkan, JETP berkomitmen menyediakan dana untuk berbagai program hijau negara anggotanya,” ujar Evy dalam pernyataan resminya dikutip Republika, Senin (29/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kinerja Tumbuh Double Digit, BRIS masuk Top Gainer LQ 45

Salah satu program jangka pendek yang saat ini tengah dilakukan adalah proyek dedieselisasi pembangkit berbahan bakar fosil sebesar 1 gigawatt (GW) dan menggantinya dengan pembangkit bertenaga surya (PLTS). Evy mengatakan untuk fase pertama PLN berencana membangun 0,2 GW PLTS di 94 lokasi berbeda. Proyek tersebut diperkirakan membutuhkan investasi sebesar 700 juta dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dirinya menambahkan, PLN melalui subholding-nya, yaitu PLN Nusantara Power dan PLN Indonesia Power secara aktif terus mencari mitra strategis dalam berkolaborasi demi merealisasikan program dedieselisasi itu.

“PLN menyadari pelaksanaan program dedieselisasi membutuhkan investasi besar baik dari segi keuangan maupun sumber daya teknologi. Dengan demikian, kolaborasi yang kuat antara PLN, pengembang, lembaga keuangan, dan mitra strategis lainnya sangat penting untuk keberhasilan program dedieselisasi,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Libur Lebaran, Masyarakat Padati Kereta Api Pertama di Sulawesi

Head of JETP Secretary Edo Mahendra mengungkapkan selama enam bulan ini, sejak Februari hingga Agustus 2023 JETP tengah menggodok secada detail rencana pengalokasian komitmen dana 20 miliar dolar AS. Harapannya, berbagai program transisi energi yang sudah dirancang oleh negara-negara yang tergabung dalam JETP bisa segera dijalankan.

“Kita sudah membangun pondasinya. Kami sangat bersyukur dengan dukungan dan komitmen yang diberikan oleh komunitas internasional dalam transisi energi,” jelas Edo.

Edo mengatakan, program dedieselisasi dan pembangunan pembangkit EBT penggantinya sebagaimana dilakukan PLN merupakan pilot program dalam JETP. Untuk itu, pihaknya akan memberikan dukungan penuh agar program dedieselisasi ini bisa sukses.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi