Rabu, 28/02/2024 - 23:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korut Terbuka Berunding dengan Jepang Jika Tokyo Ubah Sikap

ADVERTISEMENTS

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berbicara kepada wartawan tentang pemberitahuan Korea Utara, di kantornya di Tokyo Senin, 29 Mei 2023. Korea Utara telah memberi tahu negara tetangga Jepang bahwa pihaknya berencana meluncurkan satelit dalam beberapa hari mendatang, yang mungkin merupakan upaya untuk menempatkan satelit pengintaian militer pertama Pyongyang ke orbit.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

 SEOUL — Wakil menteri luar negeri Korea Utara mengatakan Pyongyang bersedia menggelar perundingan tingkat tinggi dengan Tokyo jika Jepang menunjukkan perubahan sikap terkait beberapa isu. Misalnya, penculikan warga Jepang oleh Korut, lapor media resmi Korut.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Korut Pak Sang Gil, yang dimuat Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Senin (29/5/2023), muncul setelah Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida baru-baru ini menyatakan keinginan untuk memulai perundingan tingkat tinggi dengan Pyongyang guna mengatur pertemuan dengan Pemimpin Kim Jong Un.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj
Berita Lainnya:
Balas Kematian Tiga Tentaranya di Yordania, AS Serang Irak dan Suriah 

Menurut KCNA, Pak mengatakan “tidak ada alasan bagi DPRK dan Jepang untuk tidak bertemu” jika Tokyo tidak “terbelenggu oleh masa lalu dan mencari jalan keluar untuk memperbaiki hubungan”. DPRK adalah singkatan dari Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi Korut.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

Wakil menteri luar negeri itu mencatat bahwa Jepang “menuntut penyelesaian atas masalah penculikan,” yang dia klaim “telah diselesaikan.”

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action
Berita Lainnya:
Medali Olimpiade Paris Terbuat dari Potongan Logam Menara Eiffel

Pak berpendapat Kishida telah secara konsisten menyampaikan keinginan untuk melakukan pertemuan “tanpa prasyarat” setelah dia menjabat, tetapi menambahkan, “kami tidak tahu apa yang sebenarnya dia inginkan dari itu.”

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Dia menambahkan bahwa Jepang harus menunjukkan kesediaannya untuk menyelesaikan sejumlah isu melalui aksi nyata daripada kata-kata belaka.

Menyusul laporan KCNA, Kishida menegaskan kembali kesediaannya untuk terlibat dalam perundingan dengan Korut, mengatakan dirinya sendiri mencoba menangani isu penculikan dengan tekad untuk menghadapinya secara langsung dan membuat kemajuan spesifik.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno belum berkomentar dalam sebuah jumpa pers, karena khawatir dapat memengaruhiperundingan di masa depan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi