Selasa, 07/05/2024 - 10:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korut Terbuka Berunding dengan Jepang Jika Tokyo Ubah Sikap

ADVERTISEMENTS

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berbicara kepada wartawan tentang pemberitahuan Korea Utara, di kantornya di Tokyo Senin, 29 Mei 2023. Korea Utara telah memberi tahu negara tetangga Jepang bahwa pihaknya berencana meluncurkan satelit dalam beberapa hari mendatang, yang mungkin merupakan upaya untuk menempatkan satelit pengintaian militer pertama Pyongyang ke orbit.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 SEOUL — Wakil menteri luar negeri Korea Utara mengatakan Pyongyang bersedia menggelar perundingan tingkat tinggi dengan Tokyo jika Jepang menunjukkan perubahan sikap terkait beberapa isu. Misalnya, penculikan warga Jepang oleh Korut, lapor media resmi Korut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pernyataan Wakil Menteri Luar Negeri Korut Pak Sang Gil, yang dimuat Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Senin (29/5/2023), muncul setelah Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida baru-baru ini menyatakan keinginan untuk memulai perundingan tingkat tinggi dengan Pyongyang guna mengatur pertemuan dengan Pemimpin Kim Jong Un.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Prancis Kecam Serangan Israel Terhadap Konvoi Bantuan Yordania untuk Gaza
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut KCNA, Pak mengatakan “tidak ada alasan bagi DPRK dan Jepang untuk tidak bertemu” jika Tokyo tidak “terbelenggu oleh masa lalu dan mencari jalan keluar untuk memperbaiki hubungan”. DPRK adalah singkatan dari Republik Demokratik Rakyat Korea, nama resmi Korut.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Wakil menteri luar negeri itu mencatat bahwa Jepang “menuntut penyelesaian atas masalah penculikan,” yang dia klaim “telah diselesaikan.”

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Kemenlu Imbau WNI di Taiwan Tetap Waspada Gempa Susulan

Pak berpendapat Kishida telah secara konsisten menyampaikan keinginan untuk melakukan pertemuan “tanpa prasyarat” setelah dia menjabat, tetapi menambahkan, “kami tidak tahu apa yang sebenarnya dia inginkan dari itu.”

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dia menambahkan bahwa Jepang harus menunjukkan kesediaannya untuk menyelesaikan sejumlah isu melalui aksi nyata daripada kata-kata belaka.

Menyusul laporan KCNA, Kishida menegaskan kembali kesediaannya untuk terlibat dalam perundingan dengan Korut, mengatakan dirinya sendiri mencoba menangani isu penculikan dengan tekad untuk menghadapinya secara langsung dan membuat kemajuan spesifik.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno belum berkomentar dalam sebuah jumpa pers, karena khawatir dapat memengaruhiperundingan di masa depan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi