Sabtu, 27/07/2024 - 11:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Junta Utus Menlu Hadiri Pertemuan Informal di Thailand Bahas Krisis Myanmar

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Menteri Luar Negeri (Menlu) Myanmar Than Swe akan berpartisipasi dalam pertemuan informal untuk membahas krisis di negara tersebut

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

BANGKOK – Menteri Luar Negeri (Menlu) Myanmar Than Swe akan berpartisipasi dalam pertemuan informal untuk membahas krisis yang berlangsung di negara tersebut. Pertemuan diagendakan digelar di Bangkok, Thailand, Ahad (18/5/2023), dan turut dihadiri beberapa menlu ASEAN.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Tim informasi junta Myanmar sudah mengonfirmasi keikutsertaan Than Swe dalam pertemuan di Thailand. “(Than Swe) diundang ke pertemuan di Thailand dan dia akan datang,” katanya dalam sebuah keterangan yang dirilis Sabtu (17/6/2023) malam.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Belum diketahui siapa saja menlu ASEAN yang bakal menghadiri pertemuan di Thailand. Namun Pemerintah Kamboja sudah mengumumkan bahwa menlunya akan berpartisipasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Pekan lalu Thailand mengusulkan diri menjadi tuan rumah pertemuan informal dengan mengundang menlu Myanmar dan beberapa menlu negara anggota ASEAN lainnya. “Dengan mempertimbangkan beberapa faktor mendesak, waktu untuk dialog lebih cepat daripada nanti,” tulis Menlu Thailand Don Pramudwinai dalam surat undangan yang dilihat AFP.

Berita Lainnya:
Israel Makin Opresi Umat Kristen di Yerusalem
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sementara itu pada Jumat (16/6/2023) lalu, Menlu Singapura Vivian Balakrishnan menyuarakan keprihatinan tentang inisiatif pertemuan informal yang diusulkan Thailand. “Kami yakin terlalu dini untuk terlibat kembali dengan junta di tingkat puncak atau bahkan di tingkat menteri luar negeri,” kata Balakrishnan.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Sejauh ini ASEAN masih mengucilkan Myanmar dari pertemuan tingkat tinggi. Hal itu karena Myanmar gagal menerapkan Lima Poin Konsensus (Five Point Consensus) yang diterbitkan ASEAN untuk mengatasi krisis sosial-politik di negara tersebut pasca terjadinya kudeta militer.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Krisis di Myanmar pecah setelah militer melakukan kudeta terhadap pemerintahan sipil di sana pada Februari 2021. Mereka menangkap pemimpin de facto Aung San Suu Kyi, Presiden Win Myint, dan beberapa tokoh senior partai National League for Democracy (NLD). NLD adalah partai yang dipimpin Aung San Suu Kyi.

Berita Lainnya:
Israel Diduga akan Lakukan Serangan Darat, Tim Medis Mulai Evakuasi dan Pindahkan Pasien
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Setelah kudeta, hampir seluruh wilayah di Myanmar diguncang gelombang demonstrasi. Massa menentang kudeta dan menyerukan agar para pemimpin sipil yang ditangkap dibebaskan. Namun militer Myanmar merespons aksi tersebut secara represif dan brutal. Menurut Assistance Association for Political Prisoners (AAPP), sedikitnya 3.240 warga sipil telah tewas di tangan militer Myanmar sejak kudeta terjadi. Penghitungannya tidak termasuk semua korban dari pertempuran.

Menurut PBB, setidaknya 1,2 juta orang juga telah terlantar atau kehilangan tempat tinggal akibat pertempuran pasca-kudeta.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ ۖ فَمَن شَاءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ ۚ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا الكهف [29] Listen
And say, "The truth is from your Lord, so whoever wills - let him believe; and whoever wills - let him disbelieve." Indeed, We have prepared for the wrongdoers a fire whose walls will surround them. And if they call for relief, they will be relieved with water like murky oil, which scalds [their] faces. Wretched is the drink, and evil is the resting place. Al-Kahf ( The Cave ) [29] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi