Rabu, 08/05/2024 - 04:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Misi Blinken di Beijing, Upaya Redakan Ketegangan AS-Cina

ADVERTISEMENTS

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kiri) berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri China Qin Gang (kanan) di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, China, Ahad (18/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 BEIJING — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken tiba di Beijing pada Ahad (18/6/2023), guna memulai dua hari pembicaraan diplomatik dengan misi berisiko tinggi. Blinken berusaha mencoba mendinginkan ketegangan AS-Cina, yang telah membuat banyak negara dunia gelisah, karena panasnya persaingan dua negara besar ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Blinken membuka programnya dengan bertemu Menteri Luar Negeri Cina Qin Gang untuk diskusi panjang yang akan diikuti dengan makan malam bersama. Dia akan mengadakan pembicaraan tambahan dengan Qin, serta diplomat tinggi Cina Wang Yi dan kemungkinan Presiden Xi Jinping, pada Senin (19/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Baik Blinken maupun Qin tidak memberikan komentar substantif kepada para wartawan ketika mereka memulai pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai. Terlepas dari kehadiran Blinken di ibukota Cina, prospek untuk membuat terobosan yang signifikan dari persoalan terkini sangatlah kecil.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Buntut Pengusiran Staf Kedubes, Rusia Panggil Dubes Austria

Hal itu karena hubungan kedua negara yang sudah cukup tegang, telah tumbuh semakin memanas dalam beberapa tahun terakhir. Permusuhan dan saling tuduh terus meningkat, antara Washington dan Beijing, karena serangkaian perselisihan yang berimplikasi pada keamanan dan stabilitas ekonomi global.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Blinken adalah pejabat tertinggi Amerika Serikat yang mengunjungi Cina sejak Presiden AS Joe Biden menjabat. Dan ia menjadi menteri luar negeri pertama yang melakukan perjalanan tersebut dalam lima tahun terakhir.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Biden dan Xi menyetujui perjalanan Blinken lebih awal pada pertemuan tahun lalu di Bali. Lawatan ini seharusnya dilakukan pada bulan Februari lalu. Namun rencana itu, tertunda karena kekacauan diplomatik dan politik yang disebabkan oleh penemuan balon yang terbang melintasi angkasa di Utara benua Amerika. Balon udara yang kemudian ditembak jatuh itu, diduga oleh AS sebagai alat mata-mata Cina.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Xi Jinping Angkat Isu Palestina dalam Kunjungannya ke Prancis

Daftar perselisihan dan potensi konflik yang ada sangat panjang, mulai dari perang dagang, posisi Taiwan sebagai sebuah negara independen, kondisi hak asasi manusia di Cina dan Hong Kong, hingga aksi militer Cina di Laut Cina Selatan dan perang Rusia di Ukraina.

Blinken juga akan menekan Cina untuk membebaskan warga negara Amerika yang ditahan. Termasuk juga meminta Cina mengambil langkah-langkah untuk mengekang produksi dan ekspor prekursor,- bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan untuk menghasilkan senyawa lain, disalahgunakan dalam pembuatan Narkotika dan Psikotropika, – seperti fentanil yang memicu krisis opioid atau obat depresan di Amerika Serikat.

(Para pejabat AS mengatakan bahwa Blinken….)

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi