Jumat, 03/05/2024 - 21:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Rentetan Pembicaraan AS-Cina Sejak Biden Memimpin

ADVERTISEMENTS

BEIJING — Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memulai pembicaraan selama dua hari di Beijing sejak hari Ahad (18/6/2023). Blinken merupakan pejabat AS dengan jabatan tertinggi yang mengunjungi Cina sejak Presiden Joe Biden menjabat pada Januari 2021.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kunjungan Blinken ke Beijing, awalnya tertunda setelah balon yang dicurigai alat mata-mata Cina terbang di atas wilayah udara AS pada bulan Februari lalu. Kunjungan lanjutan yang diagendakan kembali ini, bertujuan untuk menstabilkan ketegangan hubungan antara dua negara yang memiliki perekonomian terbesar di dunia itu. Namun hasil pertemuan itu tampaknya hanya mencapai terobosan kecil.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Beberapa hal dibawah ini merupakan pertukaran komunikasi tingkat tinggi AS-Cina selama masa jabatan Biden.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

10 Februari 2021: Panggilan Telepon Biden dan Xi Jinping

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Biden dan Presiden Cina, Xi Jinping, melakukan pembicaraan telepon pertama mereka sebagai pemimpin. Dalam komunikasi itu, tampak keduanya berselisih dalam berbagai isu mulai dari perdagangan hingga hak asasi manusia. Bahkan ketika Xi memperingatkan AS bahwa konfrontasi akan menjadi “bencana” bagi kedua negara.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

18 Maret 2021: Pertemuan Tingkat Tinggi Pertama

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pertemuan tatap muka bilateral pertama pada pertemuan puncak di bawah pemerintahan Biden diadakan di Anchorage, Alaska. Pertemuan itu dimulai dengan awal yang berapi-api, dengan masing-masing pihak menegur kebijakan satu sama lain dalam pertunjukan publik yang jarang terjadi, semakin memperjelas ketegangan hubungan keduanya.

Berita Lainnya:
Rencana Netanyahu Tingkatkan Tekanan Militer Agar Hamas Bebaskan Sandera

Pembicaraan tersebut dipimpin oleh Blinken dan penasihat keamanan nasional Jake Sullivan, sementara dari pihak Cina dipimpin oleh diplomat senior Yang Jiechi dan Wang Yi.

26 Mei 2021: Perundingan Perdagangan Pertama

Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Wakil Perdana Menteri Cina saat itu Liu He mengadakan pembicaraan secara virtual. Komunikasi ini merupakan pembicaraan perdagangan tingkat tinggi pertama antara dua negara, dengan ekonomi terbesar di dunia sejak Biden menjabat.

26 Juli 2021: Diplomat Senior AS berkunjung ke Cina

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman mengadakan pembicaraan dengan Penasihat Negara Wang Yi, di Tianjin, Cina. Dia adalah pejabat tinggi Biden yang mengunjungi Cina hingga dilanjutkan Blinken hampir dua tahun kemudian.

15 November 2021: Pertemuan Biden-Xi Jinping

Biden dan Xi berbicara melalui sambungan video untuk pertama kalinya. Dalam pembicaraan yang berlangsung selama lebih dari tiga jam itu, mencakup berbagai topik termasuk Taiwan, Korea Utara, dan perdagangan.

14 Maret 2022: Sullivan dan Yang Jiechi Berbicara di Roma

Beberapa minggu setelah sekutu dekat Cina, Rusia, menginvasi Ukraina, Sullivan mengadakan pertemuan selama tujuh jam dengan diplomat senior Yang Jiechi untuk memperingatkan Beijing agar tidak membantu berbagai kebutuhan perang Moskow di Ukraina.

Berita Lainnya:
Israel Diserang, AS Bakal Ikut Balas Iran?

20 April 2022: Panglima Pertahanan Mengadakan Pembicaraan Pertama

Menteri Pertahanan A.S. Lloyd Austin mengadakan pembicaraan dengan menteri pertahanan Cina saat itu, Wei Fenghe, yang merupakan pembicaraan pertama di antara kedua menteri pertahanan sejak Biden menjabat.

23 September 2022: Pembicaraan Blinken-Wang di New York

Taiwan menjadi fokus pembicaraan “langsung dan terbuka” selama 90 menit antara Blinken dan Wang di sela-sela Sidang Umum PBB di New York, demikian ungkap seorang pejabat A.S. kepada wartawan.

Pembicaraan itu dilakukan lebih dari sebulan setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan, pulau yang menjalankan sistem demokratis yang diklaim Cina sebagai miliknya. Kunjungan itu memicu reaksi keras dari Beijing.

14 November 2022: Pertemuan Biden dan Xi Jinping di Bali

Biden dan Xi mengadakan pembicaraan kepemimpinan tatap muka pertama mereka yang telah lama ditunggu-tunggu di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia. Selama tiga setengah jam pembicaraan, keduanya membahas berbagai topik termasuk Taiwan dan Korea Utara yang bersenjata nuklir.

19 November 2022: Wapres Harris Sambut Xi Jinping di Bangkok

Wakil Presiden AS Kamala Harris bertemu sebentar dengan Xi di sela-sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Thailand.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi