Jumat, 17/05/2024 - 22:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Mundur dari Rencana, Puluhan Jabatan Kepala Sekolah yang Kosong di Depok Akan Diisi Juli

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tugu 4 Kota Depok (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

DEPOK–Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD di Disdik Kota Depok, Wawang Buang mengaku sekitar 24 jabatan kepala sekolah di Sekolah Dasar (SD) yang kosong di wilayahnya akan terisi pada tahun ajaran baru. Awalnya, Disdik berencana mengisi puluhan jabatan yang kosong itu di bulan Juni.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Namun, kemudian pelaksanaannya ditarget pada tahun ajaran baru atau Juli mendatang. “Terkait Jabatan kepala sekolah yang kosong, sedang diproses dan Insya Allah akan defenitif di tahun ajaran baru,” ujar Wawang Buang kepada Republika.co.id, Rabu (21/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Menurutnya, puluhan sekolah tersebut akan memiliki kepala sekolah definitif dari guru yang telah memiliki sertifikat pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP). Jumlah guru yang telah disertifikasi juga diklaimnya telah cukup untuk memenuhi kebutuhan kepala sekolah di Depok.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Global Santri Fest 2024 Dorong Lulusan Pesantren Raih Beasiswa ke Amerika Serikat

“Iya (mencukupi jumlah jabatan kepala sekolah yang kosong). Jumlah guru penggerak kita ada 51,” kata Wawang dalam pesan singkatnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya, Wawang menyebut, kosongnya puluhan jabatan kepala sekolah definitif di sekolah-sekolah tingkat dasar di wilayahnya berdampak negatif di sekolah tersebut. Hal ini karena beberapa kepala sekolah harus rangkap jabatan atau membawahi beberapa sekolah seorang diri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Jadi kan tentunya kalau ketika ada sekolah yang dirangkap kepala sekolahnya, yang merangkap jabatan di dua sekolah tentunya kan menjadi tidak maksimal. Terkait agenda-agenda, kerja-kerja di sekolah tersebut. Maka kita berharap ketika guru-guru kepala sekolah yang merangkap ini mudah-mudahan ketika CGP sudah lulus dan sudah bisa ditempatkan, maka nanti semuanya tidak ada yang merangkap lagi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Masalah ini dikatakannya telah berlangsung sejak akhir tahun 2022 karena banyaknya kepala sekolah yang pensiun. Sedangkan Depok belum memiliki Cakep (calon kepala sekolah) lagi yang telah tersertifikasi CGP.

ADVERTISEMENTS

Dia menjelaskan, untuk menjadi kepala sekolah harus seseorang harus mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah (CKS). Tapi setelah ada aturan baru dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) 40 tahun 2021, seseorang bisa menjadi kepala sekolah setelah mengikuti Pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP).

Berita Lainnya:
8 Judul PKM Mahasiswa UMJ Lolos Pendanaan Kemendikbudristek

“Sedangkan guru penggerak kita sedang proses dan angkatan yang keenam baru selesai kemarin. Tinggal menunggu sertifikat guru penggeraknya,” ujarnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi