Rabu, 22/05/2024 - 07:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Menhub Puas LRT Jabodebek dari Dukuh Atas ke Jatimulya Hanya 39 Menit

Rangkaian kereta LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi didampingi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajaran menjajal rangkaian LRT Jabodebek mulai dari Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan menuju Stasiun LRT Jatimulya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Budi mengaku, peninjauan kali ini menemukan hasil yang memuaskan. Pasalnya, dengan naik LRT Jabodebek maka jarak tempuh dari Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Jatimulya sepanjang 25 kilometer hanya memakan waktu 39 menit.

“Artinya, kalau dibandingkan dengan perjalanan normal, meski menggunakan tol sekalipun itu mencapai dua jam. Berarti ini memangkas waktu menjadi sepertiganya. Ini angka yang signifikan,” kata Budi saat sekaligus meninjau Depo LRT Jatimulya, Kota Bekasi, Rabu (28/6/2023).

Berita Lainnya:
Menhub: Indonesia dan Jepang Intensif Kerja Sama Bidang Transportasi

Budi pun menargetkan, nantinya LRT Jabodebek bisa mengangkut 500 ribu penumpang per hari. Adapun KRL Jabodetabek bisa membawa penumpang sampai 1,7 juta per hari. Dengan begitu, masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar dan bekerja di Jakarta bisa menggunakan transportasi publik.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jika hal itu terwujud maka nantinya pengguna transportasi umum bisa mencapai 50 persen perjalanan di Ibu Kota. Apalagi, masih ada moda transportasi lain yang bisa digunakan masyarakat untuk bermobilisasi.

“Tentu ini akan membawa kemudahan untuk kita semuanya. Bapak Presiden memberikan amanah kepada kami berdua, di antaranya untuk memastikan konektivitas. Ini jelas, karena apa yang disampaikan Pak Presiden bahwa ongkos yang harus dibayar oleh semua kalangan masyarakat itu tinggi sekali apabila menggunakan kendaraan pribadi,” kata Budi.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, dengan naik LRT Jabodebek maka penumpang bisa mendapatkan manfaat perjalanan menjadi cepat, tidak macet, maupun kena polusi. Dia menyebut, uji coba LRT Jabodebek akan dimulai pada 12 Juli 2023 hingga 18 Agustus 2023.

ADVERTISEMENTS

Setelah itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan proyek transportasi publik tersebut. “Selama uji coba, masyarakat bisa menikmati LRT Jabodebek dengan tarif Rp 1 per penumpang,” kata Budi.

Berita Lainnya:
Jimly: Anggapan Pilpres 2024 Terburuk Itu Biasa

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi