Jumat, 17/05/2024 - 03:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Anies, JIS, dan Kebanggaan yang tak Sempurna

JAKARTA — Jakarta International Stadium (JIS) berulangkali digadang-gadang menjadi stadion kebanggaan Jakarta. Anies Baswedan saat peluncuran JIS pada 19 April 2022 menyebut bahwa stadion ini adalah satu-satunya yang berpredikat ramah lingkungan. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Anies juga pernah membanggakan JIS sebagai stadion beratap tertutup terbesar di Asia. Stadion ini bisa dibuka dan ditutup. Kontruksi rangka utama atap juga terbilang rumit. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Media Inggris Daily Mail bahkan pernah menulis JIS seperti salah satu stadion yang dibangun untuk era modern.  Namun di luar dari hal positif itu, JIS juga dianggap punya kekurangan. Salah satunya yang disoroti pemerintah bersama PSSI saat ini adalah terkait kondisi rumput dan pintu akses. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan rumput di Jakarta International Stadium (JIS) menjadi faktor utama yang menyebabkan JIS belum memenuhi standar FIFA.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Hal itu dikatakan usai peninjauan yang dilakukan bersama oleh PUPR, Menpora Dito Ariotedjo, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Ketum PSSI Erick Thohir, Selasa (4/7/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia mengungkapkan ada beberapa catatan terhadap fasilitas yang ada di JIS termasuk di antaranya akses, kantong parkir hingga rumput yang ada di stadion. Dari hasil peninjauan yang dilakukan bersama ahli, kondisi rumput JIS saat ini tidak memenuhi standar. Sebab itu, rumput akan diganti sebelum JIS diusulkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dapat Restu Surya Paloh untuk Nyagub Lagi di Jakarta, Ini Respons Anies

“Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk dalam standar FIFA,” kata Basuki kepada awak media, Selasa (4/7/2203).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut,” ujarnya menambahkan. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Senada dengan itu, Chairman Karya Rama Prima (KaerPe), Qamal Mustaqim yang merupakan ahli agronomi stadion mengatakan solusi sementara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti rumput di JIS dengan rumput yang sudah jadi. Ia mengungkapkan, kesalahan penanaman di awal menjadi penyebab rumput tersebut tidak memenuhi standar. 

“Rumput jenisnya japonica, tapi ditanam di karpet sintetis, ini masalahnya. Medianya dangkal jadi akar tidak tembus ke bawah. Rumput itu makhluk hidup butuh sinar dan air. Air tidak terpenuhi karena akarnya dangkal, matahari juga nggak cukup,” kata Qamal kepada awak media.

Ia mengungkapkan, salah satu solusi yang bisa ditawarkan adalah dengan memindahkan rumput dari lapangan yang sudah jadi seperti dari lapangan golf. Hal itu, kata dia, juga pernah dilakukan saat mempersiapkan GBK untuk venue Asian Games 2018. 

Menurutnya ini menjadi hal yang paling mungkin dilakukan dalam waktu tiga bulan sebelum Piala Dunia U-17 pada November 2023.

Berita Lainnya:
Nasdem-PKB Gelombang Pertama Gabung ke Prabowo, Anies-Cak Imin Kemungkinan jadi Menteri

Selain masalah rumput, Stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut masih minim akses. Hanya ada satu akses masuk ke stadion yang tersedia saat ini dan itu menyulitkan para penonton karena harus memutar untuk bisa masuk ke area stadion.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menargetkan renovasi Jakarta International Stadium (JIS) rampung dalam tiga bulan. Target tersebut mengacu pada jadwal kick off Piala Dunia U-17 pada 10 November 2023. Ia mengaku ingin mengusulkan JIS sebagai salah satu venue dari kejuaraan internasional tersebut. “Target tiga bulan rampung dibereskan JIS,” kata Erick kepada awak media, Selasa (4/7/2023).

Erick berharap tidak ada polemik dalam merenovasi JIS. “Kita memperbaiki supaya ini bisa masuik standar FIFA. Itu pun masih dipertanyakan, apa sudah pasti atau tidak, belum tentu. Tapi kita upayakan sesuai pengalaman. Seperti itu tadi, kalau rumput yang existing jelas tidak akan diterima makannya kita ganti,” kata Erick.

 Picu kontroversi

Meski pemerintah meminta agar masalah pembangunan ini tidak dikaitkan dengan politik, tapi faktanya sulit untuk diterima semua pihak. Apalagi saat ini memasuki tahun politik dan Anies Baswedan menjadi salah satu kandidat dari Koalisi Perubahan yang berseberangan dengan pemerintah. 

 

 

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi