Kamis, 16/05/2024 - 06:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Rusia akan Bahas Peningkatan Kerja Sama dengan ASEAN di Jakarta

Foto selebaran yang disediakan oleh Tuan Rumah KTT ASEAN Brunei Foto pada 28 Oktober 2021 menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) menghadiri KTT ASEAN – Rusia di sela-sela KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Rusia akan membahas peluang peningkatan kerja sama dengan para Menteri Luar Negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam pertemuan para menlu organisasi tersebut di Jakarta pekan depan. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Jumat (7/7/2023) mengungkapkan bahwa Menlu Sergey Lavrov akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut pada 13-14 Juli sebagai bagian dari KTT Rusia-ASEAN, KTT Asia Timur (EAS), dan Forum Regional ASEAN (ARF).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kami akan membahas langkah-langkah untuk membuka area kerja sama baru, termasuk transformasi digital dan pengembangan kota pintar,” kata Zakharova dalam pernyataan yang dirilis Kemlu Rusia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Kanselir Jerman Bahas Gencatan Senjata dengan PM Israel

Peningkatan hubungan antara ASEAN dan Uni Ekonomi Eurasia (EAEU) dan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) akan menjadi agenda utama dalam pertemuan tersebut, mengingat kepentingan bersama kami dalam memperluas proses integrasi dan liberalisasi perdagangan di Eurasia Raya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

EAEU merupakan uni kerja sama ekonomi yang beranggotakan Rusia, Armenia, Belarus, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan, sedangkan SCO adalah organisasi antarbangsa Asia yang terdiri atas China, India, Rusia, Pakistan, Iran, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Pertemuan Rusia-ASEAN juga akan membahas masalah ketahanan energi dan pangan di tengah situasi sulit pasar global yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan sanksi anti-Rusia yang diberlakukan Barat. Zakharova menambahkan bahwa Rusia juga ingin mendorong interaksi dengan ASEAN di berbagai bidang, termasuk pembangunan kapasitas dalam memerangi terorisme dan kejahatan lintas negara.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pensiunan Jenderal IDF: Israel Sudah Kalah, Masuki Rafah tak akan Berguna

Sementara itu, pada pertemuan EAS dan ARF, Moskow akan membahas tentang meningkatnya risiko yang timbul akibat kebijakan Barat untuk menempatkan militer di kawasan Asia-Pasifik. “Rusia juga mendukung sentralitas ASEAN dalam mempertahankan arsitektur regional di kawasan,” kata Zakharova.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Rusia merupakan salah satu mitra ASEAN, yang pada tahun ini menandai peringatan lima tahun kemitraan strategis antara kedua pihak.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi