Sabtu, 18/05/2024 - 22:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Putin Kerap Lakukan Perjalanan dengan Kereta Api untuk Hindari Pelacakan

MOSKOW — Seorang mantan insinyur dan kapten di Federal Security Service (FSO), Gleb Karakulov mengatakan, Presiden Vladimir Putin semakin sering melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api untuk menghindari pelacakan. Karakulov membelot dari Rusia pada tahun lalu dan mengungkapkan rahasia Putin dalam sebuah wawancara dengan Dossier Center.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Pesawat itu, begitu lepas landas, langsung melintasi radar penerbangan. Kereta api digunakan untuk menyembunyikan gerakan ini,” kata Karakulov dalam wawancara yang direkam Desember lalu.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Karakulov mengatakan, dia pertama kali mulai memasang peralatan komunikasi di kereta api sekitar 2014. Menurut catatannya, Putin mulai lebih sering melakukan perjalanan dengan kereta api pada paruh kedua 2021, saat Rusia bersiap untuk invasi besar-besaran ke  Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Menurut Karakulov, sejak awal perang Ukraina, kereta api Putin diparkir di dekat Valdai, wilayah Rusia yang terpencil antara Moskow dan St. Petersburg.  Putin memiliki tempat tinggal besar di daerah tersebut, yang terkenal dengan danau dan hutan pedesaannya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Susun Kabinet Baru, Putin Tunjuk Ekonom Sebagai Menteri Pertahanan

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Karyawan kami berada di karantina khusus untuk kereta khusus ini. Sejak awal perang, orang-orang mengatakan bahwa mereka pergi ke suatu tempat menuju Valdai selama 40 hari atau bahkan 45 hari. Mungkin tidak akan ada pemberangkatan kereta pada jam tertentu, tapi mereka selalu siap,” ujar kata Karakulov kepada Dossier Center, dilaporkan CNN, Senin (10/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kendati Putin merahasiakan kereta api khususnya, seorang pengintai kereta api tampaknya telah mengidentifikasi kereta api Putin. Dalam unggahan di rurtrain.com, dia mengatakan bahwa kereta itu tidak ada dalam jadwal atau sistem Kereta Api Rusia. Dia mengunggah foto kereta api Putin di situs website tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Ada kereta hantu di rel kereta api negara kita. Itu tidak ada dalam jadwal atau sistem Kereta Api Rusia,” ujar seorang pengintai kereta itu yang tidak disebutkan namanya.

ADVERTISEMENTS

Mereka dapat mengidentifikasi kereta api Putin melalui penggunaan dua lokomotifnya, dan melalui fitur yang diidentifikasi dalam brosur yang dibuat oleh Zircon Service. Selain itu, kereta api Putin memiliki kubah putih yang khas. Kubah itu adalah antena komunikasi canggih, dan dipasang di salah satu gerbong.

ADVERTISEMENTS

Kubah ini tidak dimiliki oleh kereta Rusia biasa. Kubah putih itu terlihat dalam video resmi yang dirilis oleh Kremlin pada 2019, di salah satu gerbong kereta Kereta Api Rusia yang disewa khusus, saat Putin berkendara di atas Jembatan Kerch yang baru dibangun antara daratan Rusia dan Krimea. Kubah itu juga terlihat dalam sejumlah foto-foto lainnya.

Berita Lainnya:
Negara-Negara Eks Uni Soviet Peringati Hari Kemenangan ke-79 Perang Dunia

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi