Kamis, 02/05/2024 - 16:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Penutupan Bandara Husein, Pembukaan Kertajati, dan Mahalnya Tarif Tol Cisumdawu

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pengoperasian penuh Bandara Kertajati di Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar) pada Oktober 2023. Hal itu setelah ia meresmikan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 62,6 kilometer (km). Dengan adanya tol tersebut maka warga Kota Bandung dan sekitarnya bisa lebih cepat menuju Bandara Kertajati.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sayangnya, pembukaan Bandara Kertajati membawa konsekuensi penutupan penerbangan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Langkah pemerintah itu dilakukan agar penerbangan di Bandara Kertajati bisa hidup dan menggeliat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Jokowi sempat melakukan peninjauan fasilitas Bandara Kertajati pada Selasa (11/7/2023). Dia menilai, segala fasilitas dan infrastruktur penunjang bakal siap melayani masyarakat yang akan terbang dari Bandara kerjatati. Termasuk nantinya seluruh jamaah umroh dan haji dari Provinsi Jabar akan diarahkan melalui Bandara Kertajati.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Saya senang karena aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik. Sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji, bandara embarkasi haji untuk kurang lebih 8.00 jamaah dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat,” ujar Jokowi kepada media usia melihat ruangan di bandara.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Bocil Pembunuh Anggota TNI Gagal Kabur ke Palembang, Diringkus ketika Makan di Cilegon

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, M Singgih senang dengan kedatangan dan kunjungan Presiden Jokowi di bandara tersebut pada Selasa. Direktur Utama PT BIJB M Singgih menilai, kunjungan akan mengakselerasi peran dan keberadaan bandara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut dia, RI 1 menganggap Bandara Kertajati siap untuk memberikan layanan terbaik bagi penerbangan sipil, termasuk haji dan umroh serta kargo. “Ini akan diikuti oleh penerbangan domestik dan reguler Oktober nanti,” kata Singgih saat ditemui di Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Singgih mengaku, sudah siap jika seluruh penerbangan reguler dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dialihkan ke Kertajati. Namun proses pengalihan ini BIJB menunggu langkah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Oktober kita siap tinggal ini prosesnya di Kemenhub untuk aspek penumpang dan airlines. Kita ikuti perkembangan dari regulator,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun mendukung kebijakan pemerintah pusat yang akan memindahkan seluruh penerbangan sipil dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati mulai Oktober mendatang. Bahkan, penerbangan jet pribadi tidak dibolehkan mendarat di Bandara Husein Sastranegara. Hanya penerbangan militer dan VVIP yang sepertinya dibolehkan mendarat di bandara milik TNI AU tersebut.

Berita Lainnya:
HNW: Jas Hijau, Jangan Sekali-kali Hilangkan Jasa Ulama

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna, kebijakan itu tentu saja tidak dapat menyenangkan semua orang. Meski begitu, kata dia, warga Kota Bandung harus lekas beradaptasi dengan rencana keputusan tersebut. “Saat ini mungkin tidak menyenangkan semua pihak, tapi perlahan nanti pasti menyesuaikan,” ucap Ema.

Dia pun berpesan bagi warga Kota Bandung yang ingin terbang ke Kertajati untuk bisa menyisihkan waktu berangkat lebih awal. Hal itu lantaran perjalanan dari ibu kota Provinsi Jabar ke bandara setidaknya membutuhkan waktu dua jam. Mulai persiapan keluar rumah, masuk tol, keluar tol, dan menuju bandara.

“Konon katanya paling telat dua jam (perjalanan dari BIJB Kertajati ke Kota Bandung). Saya pikir, Kota Bandung tidak akan semua hilang. Siapa pun juga akan mulai beradaptasi dengan rencana ini,” ucap Ema.

Warga Kota Bandung repot ke Kertajati…

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi