Sabtu, 18/05/2024 - 16:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Ada Tol Cisumdawu, Pemindahan Penerbangan dari Bandung ke Majalengka Sudah Bulat

JAKARTA — Kementerian Perhubungan memastikan pemindahan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka sudah bulat. Pemerintah menilai, kesiapan infrastruktur sebagai penunjang akses ke Kertajati sudah cukup memadai dan akan terus dikembangkan. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Sudah (pasti), apalagi sudah disampaikan langsung oleh Presiden,” kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, kepada Rabu (19/7/2023). 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ia menjelaskan, pada dasarnya infrastruktur jalan menuju Bandara Kertajati sudah tersedia melalui Tol Cisumdawu yang diresmikan langsung pekan lalu oleh Presiden Joko Widodo. Tol yang menghubungkan Cileunyi ke Dawuan itu sejak awal diharapkan mempermudah akses masyarakat menuju bandara. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Adapun untuk kendaraan umum, terlah tersedia armada bus oleh Perum Damri sehingga masyarakat memiliki alternatif. “Kami akan terus kembangkan infrastruktur pendukung, tentunya bersama Pemerintah Provinsi Jabar dan stakeholders lainnya,” ujar Adita. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Luhut: Tanpa Nikel Indonesia, Masa Depan EV di AS tak Terjamin

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Lebih lanjut, ia menyebut, salah satu alasan pemindahan itu karena Bandara Husein Sastranegara sudah tak memadai menampung pesawat jet bahkan untuk kelas pesawat berbadan sempit atau narrow body. Dengan kata lain, pemindahan itu dinilai untuk keperluan keamanan dan keselamatan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya, Ekonom sekaligus Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyarankan agar Bandara Kertajati dioptimalkan sebagai bandara yang melayani umrah, haji, dan logistik kargo setelah seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu terkoneksi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Damri Angkut Calon Jamaah Haji di Kalsel

“Saya lebih menyarankan operasional Bandara Kertajati untuk layanan umrah dan haji terlebih dahulu. Fungsi Bandara Kertajati sebaiknya ditujukan sebagai bandara yang melayani umrah, haji, dan logistik kargo,” kata Bhima, di Jakarta, Selasa (18/7/2023).

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, fungsi sebagai bandara yang melayani umrah dan haji harus segera dilakukan, dan bahkan kalau perlu bukan hanya untuk wilayah Jawa Barat, tetapi bisa juga diperluas dengan mencakup wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

ADVERTISEMENTS

“Dengan demikian, semua masyarakat yang melakukan umrah bisa berangkat melalui Bandara Kertajati. Hal ini karena kegiatan umrah akan terus ada, selain daripada haji,” ujarnya. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi