Jumat, 03/05/2024 - 10:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Cina: Dialog dengan AS Harus Dilakukan atas Dasar Setara

ADVERTISEMENTS

BEIJING — Utusan iklim Amerika Serikat (AS) John Kerry pada Selasa (18/7/2023) mengatakan kepada diplomat top Cina bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden sangat berkomitmen untuk menstabilkan hubungan dengan Beijing. AS dan Cina telah berupaya untuk memulai kembali kontak tingkat tinggi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pada hari kedua kunjungannya di Beijing, Kerry bertemu dengan kepala hubungan luar negeri Partai Komunis yang berkuasa, Wang Yi. Kerry mengatakan kepada Wang bahwa Biden berharap kedua negara dapat mencapai upaya bersama yang dapat membuat perbedaan yang signifikan bagi dunia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Hubungan antara Cina dan AS telah mencapai titik terendah dalam sejarah di tengah perselisihan tarif, akses ke teknologi, hak asasi manusia, dan ancaman Cina terhadap Taiwan. Dalam sambutannya Wang mengatakan, kedua belah pihak mengalami kerugian karena kurangnya komunikasi. Tetapi Cina percaya melalui dialog kedua pihak dapat menemukan solusi yang tepat untuk setiap masalah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pembiayaan Kendaraan Listrik di BSI Alami Kenaikan Tren
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Terkadang, masalah kecil bisa menjadi masalah besar,” kata Wang, seraya menambahkan bahwa dialog harus dilakukan atas dasar “setara”.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Bertepatan dengan kunjungan Kerry, mantan penasihat keamanan nasional dan menteri luar negeri AS, Henry Kissinger, tiba di Beijing pekan ini dan bertemu dengan Menteri Pertahanan Li Shangfu pada Selasa (18/7/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kementerian Pertahanan Cina mengutip Li memuji peran Kissinger dalam membuka hubungan Cina-AS pada awal 1970-an. Namun Li mengatakan, hubungan bilateral telah mencapai titik terendah karena beberapa orang di pihak Amerika tidak mau mencari solusi bersama.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Kami terus berusaha untuk membangun Cina-AS yang stabil, dapat diprediksi, dan konstruktif, dan berharap bahwa pihak AS akan bergabung dengan pihak Cina dalam mengkonsolidasikan konsensus para pemimpin kedua negara dan bersama-sama memajukan perkembangan hubungan yang sehat dan stabil antara negara kita dan militer mereka,” kata Li.

Berita Lainnya:
Rusia Bakal Ambil Langkah yang Diperlukan Jika Nuklir AS Muncul di Polandia

Pada Agustus lalu, Cina memutuskan beberapa kontak tingkat menengah dan tinggi dengan pemerintahan Biden, termasuk terkait masalah iklim. Langkah ini diambil untuk menunjukkan kemarahannya terhadap kunjungan mantan ketua House of Representatives, Nancy Pelosi ke Taiwan. Cina mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya. Namun klaim tersebut ditolak oleh Taiwan.

Lambat laun, AS dan Cina mulai membuka komunikasi. Kerry adalah pejabat senior administrasi Biden ketiga yang melakukan perjalanan ke Cina dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Keuangan Janet Yellen telah melakukan perjalanan ke Beijing.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi