Selasa, 07/05/2024 - 06:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Panglima TNI Pastikan Pilot Susi Air dalam Kondisi Sehat, Negosiasi dengan KKB Diutamakan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang saat ini masih disandera kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dalam kondisi sehat. Yudo mengatakan, tim dari pemerintah daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat saat ini masih berupaya untuk melakukan negosiasi dengan KKB demi membebaskan pilot asal Selandia Baru tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Ya alhamdulillah sesuai informasi sehat,” kata Yudo usai menghadiri pembekalan Wakil Presiden KH Maruf Amin ke calon perwira remaja (Capaja) TNI-Polri Tahun 2023 di Balai Sudirman, Jakarta, Jumat (21/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Yudo mengatakan, pemerintah lebih mengedepankan upaya negosiasi demi keselamatan sandera. Karena itu, pemerintah mempercaayakan proses negosiasi yang kini dilakukan Penjabat Bupati Nduga Edison Nggwijangge bersama tim.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sementara tim dari aparat keamanan tidak ikut dalam proses negosiasi dan berfokus untuk menjaga situasi agar tetap kondusif di semua distrik maupun kabupaten.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Soal Presidential Club, PDIP: Prabowo Kurang Percaya Diri?

“Kita selalu menjaga bersama-sama Polri menjaga situasi supaya tetep terkendali, tetep kondusif. Kan kita dahulukan tadi loh. kita dahulukan dengan mereka. Negosiasi kita nggak ini (ikut-ikutan) kita selalu menyampaikan dahulukan pemerintah daerah dan tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Yudo pun meminta semua pihak untuk bersabar dan menunggu proses negosiasi tersebut. Dia juga tidak dapat memastikan limitasi dalam proses negosiasi tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ini negosiasi kan nggak ada batasnya, tidak bisa ditempuh terus ini kemudian ini kan jauh untuk menuju ke suatu daerah di situ kan butuh waktu. Ya kita tunggu saja,” katanya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam upaya membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Merthens proses negosiasi saat ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Nduga Edison Nggwijangge. Pemerintah hingga saat ini mempercayakan proses negosiasi tersebut kepada Pj Bupati Nduga. Dalam proses negosiasi ini aparat keamanan juga mengutamakan jalan damai demi keselamatan seluruh pihak.

Berita Lainnya:
Sebagian ASN akan Jalani WFH dan WFO, Begini Ketentuannya

Sebelumnya, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin memastikan, pemerintah tidak akan melakukan penyerangan dalam upaya pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Merthens dari penyanderaan KKB Papua. Menurutnya, pemerintah mengedepankan jalan negosiasi dalam proses pembebasan.

“Sebaiknya tidak dalam bentuk serangan yang sifatnya frontal, itu risikonya akan banyak korban. Karena itu, lebih bersifat melakukan negosiasi-negosiasi perundingan,” ujar Kiai Ma’ruf dalam keterangan persnya di sela kunjungan ke Papua, Jumat (14/7/2023).

Kiai Ma’ruf menekankan fokus pemerintah saat ini agar sandera bisa bebas dengan selamat. Selain itu, tidak menimbulkan korban dari aparat maupun masyarakat sekitar.

“Supaya bisa yang sandera kita itu bisa diselamatkan. Jadi menghindari korban lebih banyak,” ujarnya.

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi