Jumat, 14/06/2024 - 19:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Panglima TNI Pastikan Pilot Susi Air dalam Kondisi Sehat, Negosiasi dengan KKB Diutamakan

JAKARTA — Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang saat ini masih disandera kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dalam kondisi sehat. Yudo mengatakan, tim dari pemerintah daerah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat saat ini masih berupaya untuk melakukan negosiasi dengan KKB demi membebaskan pilot asal Selandia Baru tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ya alhamdulillah sesuai informasi sehat,” kata Yudo usai menghadiri pembekalan Wakil Presiden KH Maruf Amin ke calon perwira remaja (Capaja) TNI-Polri Tahun 2023 di Balai Sudirman, Jakarta, Jumat (21/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Yudo mengatakan, pemerintah lebih mengedepankan upaya negosiasi demi keselamatan sandera. Karena itu, pemerintah mempercaayakan proses negosiasi yang kini dilakukan Penjabat Bupati Nduga Edison Nggwijangge bersama tim.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Sementara tim dari aparat keamanan tidak ikut dalam proses negosiasi dan berfokus untuk menjaga situasi agar tetap kondusif di semua distrik maupun kabupaten.

Berita Lainnya:
Pidato Megawati Refleksi Kejengkelan atas Hasil Pilpres 2024

“Kita selalu menjaga bersama-sama Polri menjaga situasi supaya tetep terkendali, tetep kondusif. Kan kita dahulukan tadi loh. kita dahulukan dengan mereka. Negosiasi kita nggak ini (ikut-ikutan) kita selalu menyampaikan dahulukan pemerintah daerah dan tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Yudo pun meminta semua pihak untuk bersabar dan menunggu proses negosiasi tersebut. Dia juga tidak dapat memastikan limitasi dalam proses negosiasi tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Ini negosiasi kan nggak ada batasnya, tidak bisa ditempuh terus ini kemudian ini kan jauh untuk menuju ke suatu daerah di situ kan butuh waktu. Ya kita tunggu saja,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Dalam upaya membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Merthens proses negosiasi saat ini dilakukan oleh Penjabat Bupati Nduga Edison Nggwijangge. Pemerintah hingga saat ini mempercayakan proses negosiasi tersebut kepada Pj Bupati Nduga. Dalam proses negosiasi ini aparat keamanan juga mengutamakan jalan damai demi keselamatan seluruh pihak.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Fakta Mengejutkan, Ahli Ungkap Selama 8 Tahun Polisi Tak Pernah Memburu Buronan Kasus Pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon

Sebelumnya, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin memastikan, pemerintah tidak akan melakukan penyerangan dalam upaya pembebasan pilot Susi Air Philip Mark Merthens dari penyanderaan KKB Papua. Menurutnya, pemerintah mengedepankan jalan negosiasi dalam proses pembebasan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

“Sebaiknya tidak dalam bentuk serangan yang sifatnya frontal, itu risikonya akan banyak korban. Karena itu, lebih bersifat melakukan negosiasi-negosiasi perundingan,” ujar Kiai Ma’ruf dalam keterangan persnya di sela kunjungan ke Papua, Jumat (14/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Kiai Ma’ruf menekankan fokus pemerintah saat ini agar sandera bisa bebas dengan selamat. Selain itu, tidak menimbulkan korban dari aparat maupun masyarakat sekitar.

“Supaya bisa yang sandera kita itu bisa diselamatkan. Jadi menghindari korban lebih banyak,” ujarnya.

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَقَاتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ البقرة [244] Listen
And fight in the cause of Allah and know that Allah is Hearing and Knowing. Al-Baqarah ( The Cow ) [244] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi