Jumat, 03/05/2024 - 20:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Menlu AS Peringatkan Perilaku Cina yang Bermasalah

ADVERTISEMENTS

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken memperingatkan tentang perilaku Cina yang bermasalah selama kunjungan ke negara pulau Pasifik Tonga pada Rabu (26/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

WASHINGTON — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken memperingatkan tentang perilaku Cina yang bermasalah selama kunjungan ke negara pulau Pasifik Tonga pada Rabu (26/7/2023). Blinken mengatakan, AS tidak keberatan dengan keterlibatan Cina di kawasan Pasifik, tetapi ada kekhawatiran bahwa investasinya harus transparan dan dilakukan dengan berkelanjutan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Saya pikir salah satu hal yang telah kami lihat keterlibatan Cina di kawasan (Indo-Pasifik) telah tumbuh, dari sudut pandang kami, ada beberapa perilaku yang semakin bermasalah,” kata Blinken.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Sejumlah Jurnalis Terluka Akibat Serangan Israel, dari Luka Ringan Hingga Amputasi Kaki

Blinken sebelumnya mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Tonga Siaosi Sovaleni tentang kepentingan strategis kawasan Pasifik. Blinken mengatakan, Amerika Serikat berkomitmen untuk Tonga dan Kepulauan Pasifik yang lebih luas.  

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dalam beberapa tahun terakhir, Cina mendanai infrastruktur dan meningkatkan kehadiran diplomatiknya di wilayah tersebut. Tahun lalu, Menteri Luar Negeri Cina, Wang Yi, melakukan tur multi-stop di Pasifik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Salah satu kekhawatiran terbesar Barat adalah tingkat utang di wilayah tersebut.  Tonga berhutang banyak kepada Beijing dan ada pertanyaan tentang bagaimana negara berpenduduk lebih dari 100 ribu orang ini akan membayar hutang itu. Ada dorongan yang signifikan dalam keterlibatan dan pendanaan dari negara-negara Barat untuk mengatasi hal ini.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Sekjen PBB: Timur Tengah Terancam Konflik Besar Jika Eskalasi Berlanjut

Sovaleni mengatakan, tahun ini Tonga mulai melunasi utangnya dan tidak mengkhawatirkan hubungan Tonga dengan Cina, yang terfokus pada pembangunan infrastruktur. Blinken secara resmi akan membuka Kedutaan Besar AS yang baru di Ibu Kota Nuku’alofa pada Rabu malam sebelum terbang ke Wellington, Selandia Baru.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Presiden Joe Biden menjadi tuan rumah pertemuan puncak pertama di Washington dengan para pemimpin kepulauan Pasifik September lalu. Pertemuan puncak kedua dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun ini.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin mengunjungi Papua Nugini pekan ini sebelum menuju ke Australia untuk meninjau latihan militer terbesar Australia-AS. Presiden Prancis Emmanuel Macron juga mengunjungi Papua Nugini, dan Vanuatu.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi