Sabtu, 04/05/2024 - 02:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Faktor Makanan Kerap Kita Abaikan, Padahal Penentu Doa Kita Diterima atau Ditolak

ADVERTISEMENTS

JAKARTA –  Setiap Muslim diajarkan untuk selalu mencari kebaikan dalam hal apapun. Letak kebaikan ada di mana saja, salah satunya yang kerap luput dari perhatian banyak Muslim ialah makanan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Mantan Mufti Mesir, Syekh Dr Ali Jum’ah mengingatkan untuk selalu menemukan kebaikan, termasuk pada urusan makanan. Dia mengatakan, Allah SWT itu baik dan hanya menerima apa yang baik. “Carilah kebaikan, baik dari perkataan, makanan, ucapan, perbuatan dan dari keyakinan,” jelasnya seperti dikutip dari Elbalad. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Penjelasan Syekh Jum’ah didasarkan pada sebuah hadits riwayat Muslim dari jalur Abu Hurairah RA. Abu Hurairah meriwayatkan hadits bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ الاللهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ المُؤْممِنِيْنَيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ المُرْسَلِيْنَ فَقَالَ {يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوْا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا} وَقَالَ تَعَالَى {يَا أَيُّهَا الذِّيْنَ آمَنُوا كُلُواا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ} ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السسَّمَاءِ: يَا رَبِّ يَا رَبِّ، وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ ومشربه حرام وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ..رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Belajar Sukses dari Nabi Yusuf AS

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Sesungguhnya Allah itu Mahabaik dan tidak menerima, kecuali sesuatu yang baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kaum mukminin dengan perintah yang Allah gunakan untuk memerintahkan para rasul. Maka Allah berfirman, “Wahai para rasul, makanlah segala sesuatu yang baik dan beramal shalihlah (QS Al Mukminun ayat 41)

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dan Allah juga berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah segala sesuatu yang baik, yang telah kami berikan kepada kalian (QS Al-Baqarah ayat 172).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Kemudian Rasulullah SAW menyebutkan tentang seseorang yang melakukan perjalanan panjang, kusut rambutnya, kemudian mengangkat tangannya dan mengatakan, “Wahai Rabb-ku, Wahai Rabb-ku, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, perutnya diisi dengan sesuatu yang haram, maka bagaimana Kami mengabulkan doanya?” (HR Muslim)

Berita Lainnya:
4 Tipe Perempuan Ini Sebaiknya Dihindari Dijadikan Sebagai Istri Menurut Nabi Ilyas

Syekh Jum’ah juga berpesan agar tidak tertipu pada suatu hal yang secara kasat tampak dipenuhi kenikmatan tetapi padahal penuh muatan tipu daya yang isinya keburukan. Dia mengatakan, keburukan adalah keburukan.

“Tetapi banyak dari umat Muslim yang tertipu oleh makanan, minuman, tingkah laku yang keji, perkataan (yang buruk), dan kepercayaan,” katanya. Dia menambahkan, tidak sedikit juga anak-anak muda yang terjebak pada kesenangan padahal di dalamnya penuh kemaksiatan 

Dalam kondisi demikian, Syekh Jum’ah menekankan, seorang Muslim yang sadar dan berpegang pada sesuatu yang hak, syariat, dan akhlak mulia. Jangan sampai, kata dia, ikut jalan yang hanya berujung pada murka Allah SWT. 

 

Sumber: elbalad 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi