Ekspor Mobil China Semakin Perkasa, Lewati Jepang untuk Pertama Kalinya di Satu Semester

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Deretan mobil menunggu dimuat ke kapal untuk diekspor di Pelabuhan Yantai di Provinsi Shangdong, China timur, pada 9 Mei 2023. China menjadi eksportir mobil nomor satu dunia. FOTO/Xinhua

ADVERTISEMENTS

TOKYOChina menjadi pemimpin dunia dalam ekspor mobil dalam enam bulan pertama tahun 2023, melampaui Jepang pada setengah tahun untuk pertama kalinya.

ADVERTISEMENTS

Banyaknya mobil listrik (EV) China terjual di seluruh dunia memberi andil bagi China menggeser Jepang sebagai pengekspor mobil nomor satu dunia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Menurut Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM) produsen mobil utama China mengekspor 2,14 juta kendaraan dari Januari hingga Juni 2023, naik 76 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
ADVETISEMENTS

Jepang tertinggal di 2,02 juta, naik 17 persen pada tahun ini, data dari Asosiasi Produsen Otomotif Jepang menunjukkan.

ADVERTISEMENTS

China sudah mengungguli Jepang pada kuartal Januari-Maret. Pertumbuhan ekspornya disebabkan oleh booming perdagangan EV dan keuntungan di pasar Eropa dan Rusia.

ADVERTISEMENTS

Ekspor kendaraan energi baru China, yang meliputi EV, hibrida plug-in, dan kendaraan sel bahan bakar, meningkat lebih dari dua kali lipat pada paruh Januari-Juni hingga mencapai 25 persen dari total ekspor mobil negara tersebut.

ADVERTISEMENTS

Tesla, yang menggunakan pabriknya di Shanghai sebagai pusat ekspor untuk Asia, mengekspor lebih dari 180.000 kendaraan, sementara pesaing utamanya di China, BYD, mencatat ekspor lebih dari 80.000 mobil.

ADVETISEMENTS

Rusia adalah tujuan utama ekspor mobil China sebesar 287.000 untuk Januari hingga Mei, termasuk mobil bertenaga bensin, menurut data bea cukai yang dikumpulkan oleh CAAM.

Pembuat mobil Korea Selatan, Jepang, dan Eropa memangkas kehadiran mereka di Rusia setelah invasi Moskow pada Februari 2022 ke Ukraina. Merek Cina telah pindah untuk mengisi kekosongan ini.

Meksiko, di mana permintaan untuk kendaraan bertenaga bensin kuat, dan Belgia, pusat transit utama Eropa yang melistriki armada mobilnya, juga berada di urutan teratas dalam daftar tujuan ekspor China.

Penjualan mobil baru di China mencapai 26,86 juta pada tahun 2022, terbanyak di dunia. Kendaraan listrik saja mencapai 5,36 juta, melampaui total penjualan kendaraan baru Jepang, termasuk kendaraan bertenaga bensin, yang mencapai 4,2 juta.

AlixPartners yang berbasis di AS memperkirakan bahwa EV akan mencapai 39 persen dari penjualan kendaraan baru di China pada tahun 2027. Itu akan lebih tinggi dari penetrasi EV yang diproyeksikan di seluruh dunia sebesar 23 persen.

Subsidi pemerintah untuk pembelian EV telah memberikan dorongan yang signifikan di China. Pada tahun 2030, merek China seperti BYD diharapkan mencapai 65 persen dari EV yang dijual di negara tersebut.

Dengan jaringan pasokan domestik untuk baterai lithium-ion – faktor penentu kinerja dan harga kendaraan listrik – pembuat mobil China meningkatkan daya saing ekspor mereka.

“Setelah 2025, pembuat mobil China kemungkinan besar akan mengambil bagian yang signifikan dari pasar ekspor utama Jepang, termasuk AS,” kata Tomoyuki Suzuki, direktur pelaksana di AlixPartners di Tokyo.[]

Sumber: Nikkei Asia/Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version