Rabu, 22/05/2024 - 00:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Beda Versi Penyebab Bentrokan Hindu-Muslim di Haryana India

da beberapa versi bagaimana bentrokan berdarah di Haryana, India bermula.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

NUH — Bentrokan komunal yang terjadi di wilayah Nuh, Haryana, India telah meluas dan memakan sejumlah korban. Situasi tersebut terus memanas setelah aparat setempat menghancurkan ruko dan toko milik umat muslim.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ada beberapa versi bagaimana bentrokan berdarah itu bermula. Dari kaca mata umat hindu, bentrokan bermula setelah prosesi yang diselenggarakan oleh kelompok Hindu sayap kanan, Vishwa Hindu Parishad (Dewan Hindu Dunia atau VHP) dan sayap pemudanya, Bajrang Dal, mencapai distrik Nuh di Haryana, sekitar 85 km (52 ​​mil) dari New Delhi seperti dikutip dari Aljazirah, Selasa (8/8/2023).

Kedua organisasi tersebut, yang berafiliasi dengan BJP yang berkuasa, sering menjadi berita utama yang melakukan unjuk rasa kekerasan mereka. Mereka sering menargetkan minoritas agama di India, terutama Muslim dan Kristen. Kelompok Hindu itu menyalahkan Muslim–yang membentuk hampir 77 persen dari 280.000 penduduk Nuh–karena memulai kekerasan. Mereka mengklaim prosesi keagamaannya dilempari batu dan kendaraan mereka pun dibakar. Hal ini menyulut bentrokan antarkomunitas

Berita Lainnya:
Hamas Bombardir Pos Komando Israel, Tiga Tewas Belasan Terluka

Sementara, dari kaca mata komunitas Muslim menyebut bahwa pemicu kekerasan itu adalah video Facebook yang dirilis oleh Monu Manesar, seorang warga Hindu terkenal yang dituduh membunuh dua pria Muslim awal tahun ini karena diduga mengangkut daging sapi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Banyak umat Hindu, termasuk kasta istimewa, menganggap sapi adalah hewan suci. Penjualan dan konsumsi daging sapi dilarang di banyak negara bagian India, sementara lusinan pembunuhan tanpa pengadilan terhadap tukang daging dan pengangkut daging beragama Muslim terjadi, sejak Perdana Menteri nasionalis Hindu India Narendra Modi berkuasa pada 2014.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Otoritas Palestina: 80 Persen Pusat Kesehatan Gaza Berhenti Beroperasi

Dalam video tersebut, Manesar yang menurut polisi Haryana melarikan diri, konon mendesak umat Hindu untuk bergabung dengannya di Nuh dalam prosesi VHP-Bajrang Dal. Seruan tersebut membuat marah umat Islam di distrik tersebut.

Saat berita bentrokan di Nuh menyebar, kekerasan anti-Muslim meletus di berbagai wilayah di Haryana. Di Gurugram, sebuah kota yang ramai di pinggiran New Delhi, seorang imam muda dipukuli dan ditikam sampai mati oleh massa dan masjid dibakar.

ADVERTISEMENTS

Masjid lain diserang di Sohna, sekitar 25 km dari Gurugram. Enam orang tewas dalam kekerasan pekan lalu, termasuk seorang penjaga polisi Muslim dan Sikh dan dua tersangka anggota Bajrang Dal.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi