Selasa, 21/05/2024 - 14:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Jerman Pensiunkan Pesawat Negara Usai Menlu Terhalang Kunjungan ke Pasifik

 BERLIN — Jerman akan mempercepat masa pensiun dua pesawat  Airbus A-340 milik pemerintah. Keputusan itu diambil usai salah satu jet jarak jauhnya mogok dua kali dalam perjalanan ke Australia, memaksa Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock membatalkan perjalanan selama seminggu ke kawasan Pasifik.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Kami akan menghentikan layanan dua A340 sesegera mungkin, yaitu dalam beberapa minggu mendatang,” kata juru bicara Angkatan Udara Jerman yang mengawasi armada pesawat dikutip dari Straitstimes.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pemerintah Jerman mengambil alih dua pesawat itu dari Deutsche Lufthansa AG lebih dari satu dekade lalu dan menggunakannya kembali untuk perjalanan negara. Pesawat yang digunakan Baerbock akan berhenti beroperasi pada akhir 2024, sedangkan yang lainnya pada bulan depan. Jerman telah meningkatkan armadanya dengan model Airbus A-350 baru, beberapa di antaranya sudah beroperasi.

Kerusakan berulang pada pesawat Baerbock yang berusia lebih dari dua dekade dan memiliki riwayat masalah mekanis ini terjadi ketika sayap sayap tidak dapat ditarik dengan benar pada kedua upaya untuk terbang dari Abu Dhabi. “Kami telah mencoba segalanya, sayangnya secara logistik tidak mungkin untuk melanjutkan perjalanan Indo-Pasifik saya tanpa pesawat yang rusak,” kata Baerbock dalam sebuah posting di X pada Selasa (15/8/2023).

Berita Lainnya:
Menlu Retno Kenang Pertemuan Terakhir dengan Menlu Iran yang Tewas dalam Kecelakaan Heli

“Ini lebih dari sekadar disayangkan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Baerbock akan kembali ke Berlin dengan rombongannya menggunakan penerbangan komersial. Namun tidak maskapai yang memiliki penerbangan langsung ke Berlin.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Maskapai milik UEA Emirates telah lama berusaha menawarkan jalur langsung ke Berlin tetapi sejauh ini belum diberikan izin oleh pemerintah Jerman. Sementara maskapai penerbangan Abu Dhabi Etihad Airways hanya terbang langsung ke Frankfurt, Dusseldorf, dan Munich.

Pesawat Baerbock awalnya meninggalkan Berlin pada Ahad (13/8/2023) sore dan mendarat di Abu Dhabi pada dini hari Senin (14/8/2023) untuk mengisi bahan bakar. Pesawat itu melakukan upaya pertama untuk melanjutkan ke Australia pada pukul 03:33 waktu setempat, tetapi kembali sekitar dua jam kemudian setelah membuang bahan bakar agar cukup ringan untuk mendarat.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Upaya lain dilakukan pada pukul 01.00 pada Selasa tetapi pesawat terpaksa kembali ke Abu Dhabi sekali lagi. Armada ini mendarat sekitar dua jam setelah lepas landas dengan masalah mekanis yang sama.

Berita Lainnya:
Media Israel: Netanyahu Stres, Takut Ditangkap ICC

Baerbock telah mengatur sejumlah acara dan pertemuan selama kunjungannya ke Australia dan berencana untuk terbang ke Selandia Baru dan Fiji. Dia akan mengadakan pembicaraan dengan rekan-rekannya dari ketiga negara belahan bumi selatan.

“Di Indo-Pasifik, kami tidak hanya memiliki teman dekat dan mitra. Wilayah ini secara pasti akan membentuk tatanan dunia abad ke-21. Itulah mengapa pertukaran substantif dan pribadi sangat penting,” ujar menteri luar negeri itu.

Pesawat itu adalah pesawat yang sama yang terpaksa kembali ke Cologne dengan mantan Kanselir Angela Merkel dalam perjalanannya ke KTT G20 di Buenos Aires pada akhir 2018. Kanselir saat ini Olaf Scholz yang saat itu adalah menteri keuangan dan wakil rektor juga ikut dalam penerbangan itu.

Beberapa minggu sebelumnya, Scholz telah tertunda kembali dari Indonesia ketika hewan pengerat mengunyah kabel dan melumpuhkan pesawat. Pesawat A-340 adalah model jarak jauh bermesin empat yang tidak lagi diproduksi. Jerman juga memiliki model Airbus A-321 yang lebih kecil serta A-350 baru untuk misi yang lebih lama.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi