Selasa, 30/04/2024 - 18:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

8 Tips Seputar Masa Kehamilan Agar Nyaman

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEHKehamilan bisa menjadi momen yang paling dinantikan oleh banyak pasangan suami istri. Namun pada beberapa kesempatan, kehamilan justru bisa menjadi beban bagi sang ibu terlebih saat sudah memasuki trimester akhir.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Perasaan gembira akan memiliki bayi bisa saja mereda akibat munculnya berbagai masalah fisik. Saat hamil, kamu bisa saja mengalami rasa sakit, nyeri, atau ketidaknyamanan. Hal itu terjadi akibat adanya perubahan pada tubuh selama proses kehamilan. Meski demikian, tidak semua wanita hamil mengalami masalah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Namun jika mengalaminya, kamu perlu mengetahui tips seputar masa kehamilan dibawah ini agar nyaman:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
  1. Rutin Memeriksakan Kehamilan

Tips pertama agar kamu nyaman selama masa kehamilan adalah secara rutin kontrol ke dokter untuk memeriksakan kehamilan.

ADVERTISEMENTS

Bahkan, kamu harus sering melakukan pemeriksaan di trimester akhir kehamilan. Selain itu, kamu juga jangan ragu untuk segera kunjungi dokter jika mengalami keluhan atau kekhawatiran mengenai kehamilan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
  1. Berhenti Merokok

Tips selanjutnya agar nyaman selama proses kehamilan adalah berhenti merokok dan jangan menjadi perokok pasif. Sebab, ketika kamu sering menghirup asap rokok dari orang sekitar, maka bayi berisiko lahir dengan berat badan yang kurang lebih tinggi.

Berita Lainnya:
Jangan Sepelekan Bahaya Menahan Kencing saat Mudik

Hal itu bisa mengakibatkan bayi lebih rentan sakit atau bahkan hingga kematian. Terbiasa terkena paparan asap rokok pun bisa meningkatkan risiko keguguran.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Alangkah baiknya kamu juga mengonsumsi lebih banyak air putih demi menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air putih bisa membantu fungsi ginjal dan hati untuk ibu hamil dan bayi. Asupan cairan yang masuk pun berperan untuk meningkatkan volume darah selama kehamilan.

Karena itu, cobalah kamu konsumsi air putih sebanyak 8 – 10 gelas per hari (2 – 3 liter) dan hindari minuman berkafein.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang lebih banyak lagi saat hamil. Hal itu guna memastikan ibu hamil dan janin mendapatkan gizi yang cukup.

Pastikan untuk memenuhi beberapa nutrisi dasar dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sumber karbohidrat, makanan berprotein, sayur dan buah, juga susu. Kurangilah makanan berlemak dan perbanyaklah makanan berserat !.

  1. Cukupi Kebutuhan Asam Folat

Kamu juga perlu memastikan mengkonsumsi asam folat agar tetap nyaman selama proses kehamilan. Asam folat bisa kamu dapatkan dari kandungan vitamin yang perlu dikonsumsi setiap hari, terutama di bulan – bulan awal kehamilan.

Berita Lainnya:
Gim Daring ini Disebut Berpotensi Diblokir, Apa Kata Garena Indonesia?

Asam folat juga bisa diperoleh melalui beberapa makanan seperti sayuran hijau, jeruk, beras merah, sereal, dan masih banyak lagi.

  1. Konsumsi Vitamin Penambah Darah

Cara lain agar tetap nyaman selama masa kehamilan adalah dengan rutin mengonsumsi vitamin penambah darah. Konsumsilah vitamin ini selama hamil atau sesuai dengan anjuran dokter.

Vitamin yang mengandung zat besi ini bisa mencegah terjadinya anemia saat hamil yang mampu meningkatkan risiko terjadinya pendarahan saat persalinan dan masih banyak masalah lainnya.

  1. Berhati – Hati Saat Konsumsi Obat – Obatan

Selama kehamilan, kamu juga perlu berhati – hati saat mengonsumsi obat – obatan, tidak terkecuali obat – obatan tradisional juga.

Sebab, kandungannya seringkali belum diketahui keamanannya bagi wanita hamil. Selain obat, kamu juga perlu hindari alkohol dan kafein.

  1. Konsultasikan Keamanan Obat

Jika sebelum hamil, kamu memiliki obat – obatan yang perlu diminum secara rutin, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Mungkin dokter nanti akan menyarankan kamu untuk menyesuaikan terhadap obat yang dikonsumsi agar kehamilan tetap sehat.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi