Kamis, 30/05/2024 - 14:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Sadarnya Orang-Orang yang Memuji-muji Qarun

BANDA ACEH — Saking kayanya, setiap hari Qarun bin Yashar selalu dipuja-puja oleh orang-orang. Setiap kali Qarun keluar dari rumahnya dengan membawa banyak harta dan perhiasan, orang-orang yang melihatnya memuji-muji Qorun dan berharap nasib mereka juga bisa seperti Qarun. Merekalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia (aladzina yuriduna al hayata dunya).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Ketika Qarun keluar mengenakan baju mewah, perhiasan, dan kuda-kuda serta pengawal dan menemui orang-orang atau pengikutnya yakni orang-orang Bani Israil.  Diantara orang-orang yang melihat Qarun mengenakan harta kekayaannya itu adalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia. Mereka berkata ‘alangkah indahnya seandainya apa yang dimiliki qarun itu dapat kami miliki juga. Sesungguhnya qarun itu mendapatkan karunia yang sangat besar’. Ungkapan mereka yang menginginkan bernasib sama dengan Qarun pun diabadikan dalam Alquran.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

فَخَرَجَ عَلَىٰ قَوْمِهِ فِي زِينَتِهِ ۖ قَالَ الَّذِينَ يُرِيدُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا يَا لَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَا أُوتِيَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Artinya: Maka keluarlah Qarun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Qarun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar”. (Al Qasas ayat 79).

Berita Lainnya:
China Kritik Keras Serangan Israel ke Kamp Pengungsi Palestina di Rafah

Qarun adalah salah satu manusia yang namanya disebutkan dalam Alquran. Ia mendapatkan banyak karunia dari Allah SWT berupa harta kekayaan yang melimpah. Namun ia dilaknat Allah SWT karena sombong dan kufur akan harta kekayaan yang dimilikinya. Qarun hidup pada zaman nabi Musa. Ia berasal dari golongan Bani Israil dan ia adalah sepupu nabi Musa. Namanya empat kali disebut dalam Alquran, yakni dua kali pada surat Al Qasas, satu kali pada surat Al Ankabut dam satu kali pada surat Al Ghafir.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Qarun senang memamerkan harta kekayaannya kepada orang lain. Ia kufur terhadap karunia yang telah Allah berikan. Sebab itulah Allah benamkan Qarun dan hartanya ke dalam bumi. Pada akhirnya, Qarun beserta seluruh hartanya dibenamkan Allah SWT ke dalam perut bumi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

فَخَسَفْنَا بِهِ وَبِدَارِهِ الْأَرْضَ فَمَا كَانَ لَهُ مِنْ فِئَةٍ يَنْصُرُونَهُ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُنْتَصِرِينَ

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kesurupan Lagi, Linda Teman Vina Cirebon Diperiksa Polisi Malam Ini

Artinya: Maka Kami benamkanlah Karun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya terhadap azab Allah. Dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya). (Al Qasas ayat 81).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Setelah Qarun dan hartanya dibenamkan ke dalam bumi, orang-orang yang semula menginginkan memiliki kekayaan seperti Qarun tersadar dan menyesali apa yang telah mereka harapkan yakni harta kekayaan sejatinya dapat lenyap dalam sekejap.

ADVERTISEMENTS

وَأَصْبَحَ الَّذِينَ تَمَنَّوْا مَكَانَهُ بِالْأَمْسِ يَقُولُونَ وَيْكَأَنَّ اللَّهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ ۖ لَوْلَا أَنْ مَنَّ اللَّهُ عَلَيْنَا لَخَسَفَ بِنَا ۖ وَيْكَأَنَّهُ لَا يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ

Artinya: Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Karun itu, berkata: “Aduhai, benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hambanya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah)”. (Al Qasas ayat 82).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi