Jumat, 03/05/2024 - 06:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Swedia Tingkatkan Level Ancaman Keamanan

ADVERTISEMENTS

STOCKHOLM — Dinas keamanan Swedia, SAPO pada Kamis (17/8/2023) menaikkan tingkat ancaman keamanan menjadi level 4 dari skala 5. Langkah ini diambil tengah meningkatnya ketegangan internasional atas pembakaran Alquran di negara Nordik.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Ancaman terhadap Swedia berangsur-angsur berubah dan ancaman serangan dari aktor-aktor Islamisme kekerasan meningkat sepanjang tahun ini,” kata SAPO dalam sebuah pernyataan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

SAPO mengatakan, status Swedia telah berubah dari target yang sah untuk serangan teroris menjadi target prioritas.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Aktivis anti-Islam telah melakukan penistaan terhadap Alquran dalam beberapa bulan terakhir di Swedia dan Denmark. Kedua negara itu memberikan ruang tak terbatas untuk kebablasan berbicara, termasuk persoalan agama.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Banyak umat Muslim memandang penistaan Alquran sebagai pelanggaran berat.  Sebuah outlet media yang terkait dengan kelompok militan Alqaeda mendesak pembalasan atas penistaan Alquran dengan kekerasan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Turki Akan Bergabung dengan Afsel dalam Gugatan Genosida Afsel ke ICJ

“Keputusan untuk menaikkan level tidak didorong oleh satu peristiwa, tetapi kami tahu bahwa Hizbullah, al Shabaab dan Alqaeda telah meminta pendukung mereka untuk melakukan tindakan melawan Swedia,” kata Kepala SAPO, Charlotte von Essen dalam konferensi pers.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson mengatakan, beberapa orang telah ditangkap di Swedia dan luar negeri setelah serangan yang direncanakan terdeteksi dan dihentikan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Saya mengerti bahwa banyak orang Swedia merasa khawatir tetapi kami harus menjalani hidup kami seperti biasa, kami harus membela hidup kami dan cara hidup kami,” ujar Kristersson.

Berita Lainnya:
Sejumlah Jurnalis Terluka Akibat Serangan Israel, dari Luka Ringan Hingga Amputasi Kaki

Angkatan bersenjata Swedia juga telah menaikkan tingkat siaga untuk ancaman terhadap operasi mereka. Sementara Inggris dan Amerika Serikat telah memperingatkan warganya agar tidak pergi ke Swedia.

Dalam serangan militan terburuk di Swedia baru-baru ini, seorang imigran Uzbekistan yang telah berjanji setia kepada kelompok militan ISIS menabrak pejalan kaki di jalanan Ibu Kota Stockholm yang sibuk dengan sebuah truk pada 2017. Insiden ini menewaskan lima orang.

Pembakaran Alquran telah menuai kecaman luas dari banyak negara Muslim. Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mendesak hukuman berat bagi mereka yang bertanggung jawab atas penistaan Alquran. Khamenei mengatakan, Swedia dalam mode pertempuran melawan dunia Muslim. []

Sumber: Reuters/Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi