Selasa, 28/05/2024 - 11:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Wifi Ponsel Sering Lemot? Coba Ikuti Langkah Sederhana Ini

 JAKARTA—Sering mengalami wifi lambat saat menggunakan ponsel? Tentu mengesalkan. Namun, jangan buru-buru menyalahkan penyedia layanan internet (ISP). Sebaiknya, cek juga ponsel Anda karena bisa jadi performanya menurun sehingga koneksi internet pun terhambat. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dalam kasus seperti itu, dilansir dari GizChina, Sabtu (19/8/2023), pengguna dapat melakukan beberapa hal agar wifi di ponsel berfungsi sebagaimana mestinya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

 1. Periksa Apakah Koneksi Internet Lambat

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Sebelum ke hal lain, pastikan bahwa koneksi internet bukanlah alasan di balik masalah wifi yang lambat. Untuk mengonfirmasi ini, sambungkan laptop ke internet dengan kabel ethernet. Router harus dilengkapi dengan port ethernet di bagian belakang untuk menyatukan koneksi ini.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

 

Setelah terhubung, periksa kecepatan internet. Pengguna dapat menggunakan Ookla atau Fast.com. Apakah pengguna menerima bandwidth yang diharapkan untuk berlangganan? Jika tidak, hubungi ISP dan minta mereka untuk memperbaiki sambungan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

2. Posisikan Router Lebih Baik untuk Kecepatan Wifi yang Lebih Baik

ADVERTISEMENTS

Salah satu alasan utama mengapa wifi lambat di smartphone adalah posisi router wifi. Umumnya, router memiliki jangkauan beberapa ratus kaki. Tetapi bahkan dengan jangkauan setinggi itu, pengguna mungkin mendapatkan pengalaman berinternet yang buruk jika posisinya tidak tepat.

ADVERTISEMENTS

Aturan umumnya adalah memposisikan router di mana terdapat garis pandang langsung dari semua ruangan. Dengan kata lain, penempatan router terbaik adalah di tengah rumah. Melalui itu, akan ada dinding minimal antara semua ruangan dan router. Dan perbaikan sederhana ini dapat dengan cepat menyelesaikan masalah wifi yang lambat.

Berita Lainnya:
Tips Manfaatkan Waktu Luang Ketika Transit di Bandara Cukup Lama

Selain itu, pengguna juga bisa mengecek apakah router sudah pada posisi yang benar atau tidak melalui ikon wifi di status bar. Jika ikon sudah penuh, berarti smartphone memiliki sinyal wifi yang kuat. Kalau agak kosong berarti sinyalnya lemah, tapi internet harusnya tetap kencang.

Namun, saat ikon wifi di smartphone setengah kosong atau hampir kosong, ini berarti sinyalnya lemah. Wifi akan lambat, dan pengguna akan kesulitan melakukan apa pun di internet. Dan jika ikon wifi smartphone dalam keadaan ini, posisi router adalah penyebab mengapa wifi lambat.

 

3. Atasi Wifi Macet karena Jaringan Padat

Masalah terkait router lainnya yang akan menyebabkan wifi lambat adalah kemacetan. Masalahnya, router menyiarkan sinyal nirkabel di saluran tertentu. Dan tetangga di sekitar mungkin juga mengatur router mereka ke saluran yang sama. Ini menghasilkan jaringan yang sangat padat, yang mengarah ke konektivitas internet yang lambat.

 Untuk memperbaiki masalah wifi lambat khusus ini, pengguna dapat menggunakan perangkat lunak untuk menentukan saluran terbaik untuk persiapan. Misalnya, ada aplikasi bernama Wifi Analyzer di Android. Dan untuk iPhone, pengguna dapat menggunakan AirPort Utility. Keduanya gratis dan memungkinkan pengguna memperbaiki konektivitas Wifi dengan cepat.

 

4. Periksa Apakah Noise Wifi Membuat Wifi Lambat

Sinyal Wifi dapat dipengaruhi oleh interferensi dari peralatan rumah tangga lainnya. Perangkat seperti bel pintu nirkabel, microwave, telepon nirkabel, dan perangkat nirkabel lainnya, dapat mengganggu sinyal yang datang dari router. Pengguna harus mengisolasi router untuk memperbaiki masalah ini wifi lambat.

Berita Lainnya:
Pemilik iPhone 7 Berkesemaptan Dapat Ganti Rugi Rp 560 Miliar, Syaratnya?

Pastikan tidak berada di dekat perangkat nirkabel lain. Juga, sebagian besar router datang dengan dual band. Salah satunya adalah 2.4GHz, sedangkan yang lainnya adalah 5GHz. Yang pertama lebih rentan terhadap noise, sedangkan yang kedua lebih tangguh. Jadi, jika mengisolasi router tidak memungkinkan, sambungkan smartphone ke jaringan 5GHz.

Ingin tahu cara memeriksa apakah smartphone sudah terhubung ke jaringan 5GHz? Cukup buka pengaturan dan klik wifi atau WLAN. Di sana, klik wifi yang disambungkan. Jika jaringannya 5GHz, seharusnya tertulis Generasi 5 atau 5GHz di SSID atau info koneksi.

 

5. VPN Buruk Memicu Wifi Lambat

VPN pilihan pengguna memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja wifi. VPN yang buruk bisa menyebabkan wifi lambat. Terkadang, pengguna mungkin tidak dapat terhubung ke internet sama sekali. Secara umum, VPN gratisan memberikan kinerja konektivitas yang buruk. Jika menggunakannya, coba nonaktifkan.

 

6. Tipe Ponsel Sudah Terlalu Tua

Wifi lambat adalah salah satu tanda yang memberi tahu bahwa pengguna memerlukan peningkatan fitur smartphone. Aplikasi yang dicoba digunakan mungkin terlalu intensif bagi smartphone. Dan mungkin tidak lagi diperlukan untuk menangani aplikasi sambil menawarkan konektivitas nirkabel yang stabil pada saat yang bersamaan.

Untuk memastikannya, cek apakah smartphone bermasalah dengan cara mengecek wifi di perangkat lain. Sambungkan ke jaringan dan lihat apakah wifi juga lambat di perangkat lain itu. Jika tidak, maka Anda bisa mulai berpikir untuk mengganti ponsel baru.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi