Sabtu, 27/07/2024 - 12:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pandemi Covid-19 Reda, Korut Izinkan Warganya di Luar Negeri untuk Pulang

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

PYONGYANG – Korea Utara (Korut) telah mengizinkan warganya yang berada di luar negeri untuk pulang. Sebelumnya Korut menutup ketat perbatasannya menyusul pecahnya pandemi Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), mengatakan, izin untuk membuka perbatasan bagi warga Korut di luar negeri yang hendak pulang telah dirilis Markas Besar Pencegahan Epidemi Darurat Negara. “Mereka yang kembali akan ditempatkan di bawah pengawasan medis yang tepat di bangsal karantina selama seminggu,” ungkap KCNA dalam laporannya, Ahad (27/8/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

KCNA menjelaskan, keputusan mengizinkan warga Korut di luar negeri untuk pulang dibuat mengingat situasi pandemi yang telah mereda di seluruh dunia. Korut sebenarnya mulai melonggarkan perbatasannya. Bulan lalu, pejabat dari Cina dan Rusia berkunjung ke Pyongyang untuk menghadiri parade militer dalam rangka perayaan Hari Kemenangan (Victory Day).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Pekan lalu, Korut pun mengizinkan atlet-atletnya berpartisipasi dalam kompetisi taekwondo di Kazakhstan. Maskapai penerbangan Korut, Air Koryo, juga telah melakukan penerbangan komersial pertamanya dalam tiga tahun ke Beijing, Cina, pada Selasa (22/8/2023) lalu. Penerbangan Air Koryo lainnya menuju Pyongyang bertolak dari Beijing pada pukul 13:00 di hari yang sama.

Berita Lainnya:
Saat 400 Yahudi Amerika Serikat Tolak Tinggalkan Kongres, Protes Kedatangan Netanyahu
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Korut mulai menutup rapat perbatasannya pada awal 2020, yakni periode awal merebaknya Covid-19 ke berbagai negara di dunia. Pada bulan-bulan awal 2020, Korut mengklaim tak memiliki satu pun kasus Covid-19. Namun klaim tersebut diragukan oleh berbagai pakar kesehatan internasional. Baru pada pertengahan Mei 2022, Korut akhirnya mengumumkan bahwa terdapat kasus Covid-19 di negaranya.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Telah terjadi insiden darurat terbesar di negara ini, dengan adanya lubang di bagian depan karantina darurat kita, yang terjadi dengan aman selama dua tahun tiga bulan terakhir sejak Februari 2020,” kata KCNA saat mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Korut pada 12 Mei 2022 lalu.

Berita Lainnya:
Negara Teroris Israel Terus Persulit Gencatan Senjata Sembari Lakukan Pembantaian
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

KCNA mengungkapkan, seorang warga di ibu kota Pyongyang telah terpapar Covid-19 varian Omicron. Namun KCNA tak memberikan penjelasan mendetail tentang kemungkinan sumber penularan. Penemuan kasus Covid-19 sempat memantik kekhawatiran berbagai pihak. Hal itu karena para ahli kesehatan meyakini Korut belum memvaksinasi 25 juta penduduknya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Selain itu fasilitas kesehatan atau medis di Korut dipandang tak memadai untuk menangani para pasien terinfeksi Covid-19. Pada September 2022, Pemimpin Korut Kim Jong-un sempat menyampaikan bahwa negaranya kemungkinan akan memulai vaksinasi Covid-19 pada November tahun itu. “Oleh karena itu, seiring dengan vaksinasi yang bertanggung jawab, kami harus merekomendasikan agar seluruh warga memakai masker untuk melindungi kesehatan mereka mulai November,” ujar Kim pada 9 September 2022 tanpa menjelaskan lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Hingga saat ini tak diketahui secara pasti ada berapa banyak kasus Covid-19, termasuk korban jiwa, di Korut.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَمَا أَظُنُّ السَّاعَةَ قَائِمَةً وَلَئِن رُّدِدتُّ إِلَىٰ رَبِّي لَأَجِدَنَّ خَيْرًا مِّنْهَا مُنقَلَبًا الكهف [36] Listen
And I do not think the Hour will occur. And even if I should be brought back to my Lord, I will surely find better than this as a return." Al-Kahf ( The Cave ) [36] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi