Kamis, 30/05/2024 - 07:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jepang Naikkan Lagi Anggaran Pertahanan

TOKYO — Permintaan belanja yang diajukan Kementerian Pertahanan Jepang tembus rekor dengan angka senilai 7,7 triliun yen atau 52,67 miliar dolar AS untuk tahun fiskal 2024. Langkah terbaru Jepang dari rencana meningkatkan belanja pertahanan sebesar 43 triliun yen selama lima tahun.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Tahun ini menjadi tahun kedua rencana Perdana Menteri Fumio Kishida menggandakan belanja pertahanan menjadi 2 persen dari produk domestik bruto pada tahun 2027. Langkah yang diambil dalam rangka menghadapi Cina yang semakin agresif dan Korea Utara yang tidak dapat diprediksi.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Permintaan itu muncul ketika hubungan Jepang dengan Cina memburuk usai Jepang lalu mulai membuang air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit nuklir Fukushima ke laut. Cina mengutuk pembuangan tersebut dan melarang impor makanan laut Jepang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Permintaan fiskal 2024, yang diajukan ke Kementerian Keuangan pada Kamis (31/8/2023), menambahkan hampir satu triliun yen dari anggaran tahun sebelumnya yang sebesar 6,8 triliun yen. Jika disetujui maka dua tahun berturut-turut Jepang menaikan anggaran pertahanannya hampir satu triliun yen, langkah yang belum diambil sebelumnya.

Berita Lainnya:
Pemeriksaan Mental Dini Jadi Prioritas Perkembangan Anak di China

Kementerian pertahanan berencana menyisihkan lebih dari 900 miliar yen untuk membeli amunisi dan senjata, termasuk rudal kapal-ke-udara yang baru, sesuai dengan permintaan yang tercantum di anggaran.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Sekitar 600 miliar yen akan digunakan untuk memperkuat kemampuan logistik untuk mengerahkan senjata dan sumber daya ke gugus pulau barat daya Jepang jika terjadi keadaan darurat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dalam dokumen pengajuan anggaran itu kementerian pertahanan Jepang mengatakan dana tersebut untuk membeli tiga kapal pendaratan baru dengan total 17 miliar yen, 17 helikopter angkut dengan total lebih dari 300 miliar yen, dan tim angkut khusus baru untuk meningkatkan kemampuan pengerahan pasukan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jepang juga menganggarkan 75 miliar yen untuk mengembangkan rudal pencegat untuk melawan hulu ledak hipersonik dengan Amerika Serikat, dan 64 miliar yen untuk membuat jet tempur generasi berikutnya dengan Inggris dan Italia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Israel Rudal Kumpulan Warga Pencari Sinyal Komunikasi di Gaza
ADVERTISEMENTS

Rekor belanja pertahanan sekutu setia AS ini dilakukan setelah kebijakan pasifis yang diberlakukan selama beberapa dekade. Pada tahun 1947 Amerika Serikat memberlakukan konstitusi pada Jepang yang menolak perang.

ADVERTISEMENTS

Tetapi kekhawatiran atas ambisi maritim dan agresivitas militer Cina, terutama terhadap Taiwan, dan Korea Utara yang tidak bisa diprediksi dan terus menambah persenjataannya telah mengubah sikap Jepang terutama setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Agresi Jepang sebelum dan selama Perang Dunia II masih menjadi penyebab ketegangan dalam hubungan dengan beberapa negara di Asia. Jepang telah memberikan jaminan kekuatan militernya tidak akan digunakan untuk mengancam negara lain.

Jepang mengatakan mereka akan tetap memprioritaskan upaya diplomatik dan dialog untuk menghindari kesalahpahaman.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi