Kamis, 02/05/2024 - 16:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Ribuan Manuskrip Sastra Indonesia Dipamerkan di TIM, Ada Naskah Ketikan ‘Bumi Manusia’

ADVERTISEMENTS

Pengunjung beraktivitas di area Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023). Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, Taman Ismail Marzuki yang hadir dengan desain baru mengalami peningkatan pengunjung. Rata-rata kunjungan sekitar 5.990 orang tiap bulan sepanjang semester pertama tahun ini.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta menampilkan ribuan manuskrip maestro sastrawan Indonesia pada Pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin bertajuk “Ulang-Alik ke Masa Lalu” yang berlangsung hingga 17 September 2023 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Kurator pameran dan pegiat arsip sastra Esha Tegar Putra mengatakan konsep pameran itu adalah untuk mengetahui rekam jejak HB Jassin dalam melakukan pendokumentasian sejarah perkembangan sastra di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
SIS Group of Schools Resmikan Sekolah Baru di Sedayu City
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami ingin menunjukkan proses Pak Jassin melakukan pendokumentasian pengumpulan sastra,” kata Esha, Ahad (3/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Koleksi yang dipamerkan, lanjut Esha, merupakan sebagian kecil dari banyak dokumentasi dan arsip yang ada di PDS HB Jassin. Esha menjelaskan dalam proses kurasinya dilakukan pemilihan penulis-penulis yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Di lokasi pameran, koleksi dokumentasi yang ditampilkan meliputi manuskrip awal novel “Di Tepi Kali Bekasi” milik Pramoedya Ananta Toer yang dikirimkan kepada H.B. Jassin pada 1940-an dan beberapa cerpen serta naskah ketikan novel “Bumi Manusia” dengan koreksi terakhir yang dilakukan pada tanggal 19 Juni 1976.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Lembaran-lembaran terlihat otentik dengan tulisan tangan Pramoedya Ananta Toer dengan tinta berkelir hitam. Ada juga manuskrip karya penyair Iwan Simatupang yang ditulis di buku catatan harian lengkap dengan kesalahan tulisnya.

Berita Lainnya:
UGM Kelola Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Calon Dokter Spesialis

Selain itu, pameran ini turut menampilkan surat pribadi antara HB Jassin dengan penyair WS Rendra dan sastrawan Nh Dini. Semua manuskrip itu ditempatkan di meja peti kaca untuk melindungi dari kerusakan karena kondisinya yang sudah rapuh.

Salah seorang pengunjung, Fredy, mengapresiasi atas terselenggaranya pameran ini karena dapat melihat manuskrip para maestro sastrawan Indonesia secara langsung. “Pamerannya menarik, karena banyak tulisan tangan sastrawan yang jarang dilihat,” kata Fredy.

Adapun secara keseluruhan koleksi yang dimiliki PDS HB Jassin sebanyak 169 ribu dokumentasi sastra per 2020. “Kebanyakan dari koleksi ini berbentuk kliping,” kata Tim Humas PDS H.B. Jassin, Adi Gumelar.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi