Jumat, 03/05/2024 - 03:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Media Center KTT ASEAN Sediakan Internet Cepat Dukung Kerja Jurnalis

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan Media Center Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN 2023 menyediakan jaringan internet cepat untuk mendukung kinerja jurnalis peliput.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kemenkominfo bekerja sama dengan Telkom menyiapkan jaringan internet yang mumpuni dengan coverage sinyal 5G berkapasitas 10 Mbps. Tersedia juga 240 komputer LAN Workstation dengan dedicated connection 1,5 giga byte per second (Gbps),” kata dia dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Usman mengatakan kapasitas jaringan telah disesuaikan dengan kebutuhan jurnalis. Bahkan, Kemenkominfo bersama Telkom juga menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi selama KTT ke-43 ASEAN yang berlangsung pada 2 hingga 8 September 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Sudah disiapkan jaringan backup untuk mitigasi gangguan telekomunikasi. Kalau misalnya ada masa peak penggunaan jaringan telekomunikasi, akan ditambah lagi kapasitasnya. Backup kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan misal ada jalur kabel putus, itu sudah disiapkan, ada mitigasinya,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Manado Tutup Hingga Pukul 12.00 Wita

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kemenkominfo, kata dia, juga menyediakan distribution dedicated International Broadcast Center untuk memenuhi kebutuhan media penyiaran. Selain itu, pengguna media booth yang membutuhkan penambahan kapasitas jaringan internet juga bisa langsung menghubungi ruang kontrol Telkom yang ada di media center.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Proses permintaan penambahan kapasitas bandwidth bisa dibicarakan di media booth saat awal registrasi. Ada ruang kontrol Telkom kalau perlu penambahan bandwith,” kata dia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Lebih lanjut Usman menambahkan bahwa media center yang terletak di Hall B Jakarta Convention Center tersebut bisa menampung maksimal hingga 2.500 orang per hari. Media center beroperasi pada pukul 8.00 pagi hingga pukul 22.00 malam untuk memberikan keleluasaan media, khususnya media asing.

Berita Lainnya:
Rayakan HUT ke-18, Finnet Lakukan Program Penanaman Pohon di Cikole

Media center bisa juga buka 24 jam jika teman-teman membutuhkan. Kalau kapasitas tempat duduk media center seluruhnya itu 2.500, kita siapkan untuk awak media yang bertugas meliput dengan mempertimbangkan mobilitas jurnalis dalam meliput gelaran internasional ini,” ungkapnya.

Selain beroperasi selama 24 jam pada 5 hingga 7 September 2023, Media Center KTT ke-43 ASEAN juga dilengkapi dengan fasilitas ruang kerja, media lounge, pusat layanan informasi, dan layar untuk memantau rangkaian agenda KTT. Adapun jumlah komputer yang tersedia di media center lebih dari 100 unit.

“Kita siapkan karena penggunaannya bisa bergantian. Yang pasti untuk jurnalis yang menggunakan laptop pribadi juga ada kabel LAN atau WiFi yang bisa diakses,” kata dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi