Sabtu, 18/05/2024 - 02:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengerjaan 3 Waduk di Cipayung Jaktim Hampir Rampung

Petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) menggunakan alat berat untuk mengeruk di Waduk Tiu, Cipayung. Walkot Jaktim M Anwar sebut pengerjaan tiga waduk di Cipayung hampir selesai.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Pengerjaan tiga waduk di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur yakni Waduk Cipayung, Waduk Pondok Ranggon, dan Waduk Tiu, hampir rampung sebagai solusi pencegah banjir jelang musim hujan yang diprediksi terjadi pada akhir tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar usai meninjau langsung tiga waduk, Selasa (5/9/2023), mengatakan Waduk Pondok Ranggon telah mencapai tahap penyelesaian.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Sementara Bendungan Tiu di Kelurahan Setu sedang dalam proses pengerjaan turap dan pendalaman. “Sementara Waduk Cipayung sudah mencapai 80 persen,” kata Anwar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Viral Peti Jenazah Dipungut Bea Masuk 30 Persen Karena Dianggap Barang Mewah, Begini Klarifikasi Bea Cukai

Dia mengatakan pembenahan waduk dilakukan sebagai persiapan menjelang musim penghujan, dengan tujuan agar waduk berfungsi dengan baik dan mencegah genangan dan banjir di wilayah Jakarta Timur.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Anwar ingin memastikan agar semua waduk di Jakarta Timur dapat berfungsi normal. Dia pun meminta Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) terus melakukan pengecekan kedalaman waduk, dan jika perlu, melakukan pengerukan agar waduk dapat menampung debit air yang masuk dengan baik saat musim hujan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menjawab hal tersebut, Kepala Sudin SDA Jakarta Timur Wawan Kurniawan memastikan semua pengerjaan waduk selesai pada akhir tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Progres Waduk Cipayung itu 80 persen karena baru dibuat tahun ini. Jadi dari nol pembuatannya untuk pengendali banjir. Kami menargetkan selesai akhir tahun,” kata Wawan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Dia juga menyebut proses pengerjaan waduk tidak menggunakan anggaran khusus. Pihaknya memanfaatkan sumber daya manusia dan alat berat yang sudah ada.

Berita Lainnya:
Siap Maju pada Pilgub Jabar, Bima Arya: Keluarga Sama Semua Orang Jawa Barat

Wawan juga menyebutkan daftar waduk lain yang telah atau sedang dikeruk, termasuk Pekayon, Cilangkap, dan Dukuh, yang diharapkan akan meningkatkan kapasitas penampungan air.

Semua pengerjaan ini diharapkan dapat selesai sebelum musim hujan, untuk mempersiapkan daya tampung air yang optimal di wilayah Jakarta Timur. Hal ini, lanjut Wawan, merupakan langkah dalam memitigasi banjir dan menjaga pasokan air di Jakarta Timur.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi