Senin, 06/05/2024 - 21:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Operasi Pasar, Ritel Modern Jual Beras Pemerintah Seharga Rp 10,900 per Kilogram

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) mulai menggelontorkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di sejumlah ritel modern. Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan distribusi beras SPHP merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendorong gerakan pangan murah di seluruh Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Setelah di pasar tradisional, hari ini kita tambah lagi outlet-nya, kalau boleh sebut brand hari ini di Lotte, sebelumnya Ramayana, Indomaret, Alfamart, Hypermart, Superindo sudah masuk,” ujar Arief saat sidak ketersediaan beras SPHP di ritel modern di Lottemart Wholesale Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (8/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Arief menyampaikan batas tertinggi beras SPHP di ritel modern ialah Rp 10,900 per kg atau Rp 54,500 per lima kg. Arief menjamin beras SPHP memiliki kualitas yang sangat baik dengan harga terjangkau. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Puncak Arus Mudik Telah Terlewati, Jasa Marga: Lalu Lintas Terdistribusi Merata
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Arief mendorong Perum Bulog dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) berkoordinasi dalam menjaga pasokan beras SPHP di ritel modern. Arief juga meminta ada batasan pembelian terhadap beras SPHP di ritel modern. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Biasanya kalau untuk di ritel, jangan sampai nanti yang belinya pedagang, walaupun saya tahu bahwa Lotte ini memang untuk pedagang, tetapi khusus untuk beras SPHP, tolong dibantu kasih maksimal tiga pack per pembeli. Jadi semua bisa kebagian,” ucap Arief. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan penjualan beras SPHP di ritel merupakan bagian dari distribusi cadangan beras pemerintah (CBP) yang ada di Bulog sebanyak 1,6 juta ton beras. Meski beras impor, Buwas memastikan kualitas dan rasa beras SPHP tidak berbeda dengan beras produksi lokal.  

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Inflasi Pangan April Tetap Terjaga Meski Lebaran, Ini Faktornya

“Kita akan salurkan ini sebanyak mungkin, pada prinsipnya Bulog sudah punya 1,6 juta ton, tapi sekarang mulai berkurang karena ini yang disalurkan terus,” ujar Buwas.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Buwas menyampaikan intervensi pasar seperti ini memang harus dilakukan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat itu. Buwas menyampaikan gerakan pangan murah menjadi keharusan dalam menjaga stabilitas harga mengingat terjadinya penurunan produksi.

“Pasokannya memang kurang, kita bisa lihat itu dari Pasar Cipinang, itu membuktikan bahwa suplai kurang, berarti produksi kurang, dan berlaku hukum ekonomi, demand and supply,” kata Buwas.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi