Sabtu, 18/05/2024 - 21:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Taiwan Deteksi 40 Pesawat Militer Cina

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dalam 24 jam terakhir pihaknya mendeteksi 40 pesawat angkatan udara Cina memasuki zona pertahanan udara pulau itu.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 TAIPEI — Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dalam 24 jam terakhir pihaknya mendeteksi 40 pesawat angkatan udara Cina memasuki zona pertahanan udara pulau itu. Dalam pernyataannya Kamis (14/9/2023) kementerian mengatakan sebagian besar pesawat itu terbang ke selatan Taiwan dan menuju Selat Bashi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Berdasarkan peta yang disediakan kementerian, setidaknya empat pesawat juga melintasi garis median Selat Taiwan di barat laut pulau itu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Dalam beberapa bulan terakhir Cina meningkatkan aktivitas militernya di sekitar Taiwan. Menurut pengamat langkah ini merupakan upaya untuk mengintimidasi pulau yang diperintah sendiri itu dan memaksanya menerima kekuasaan Cina.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Amerika Serikat: Dermaga Terapung di Gaza Khusus untuk Bantuan Kemanusiaan

Cina juga mengirim kelompok kapal induk dan puluhan pesawat tempur ke wilayah sekitar Taiwan dalam salah satu operasi terbesar dalam beberapa bulan. Operasi ini digelar beberapa hari setelah Wakil Presiden Taiwan Lai Ching-te melakukan transit di Amerika Serikat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Cina  juga  melakukan latihan teratur di Selat Taiwan, selat sempit yang memisahkan Taiwan dari daratan Cina. Latihan ini sering kali melibatkan latihan menembak langsung dan penyebaran sistem senjata canggih.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pemerintah Cina  mengklaim  aktivitas militernya perlu untuk melindungi kedaulatannya. Namun, banyak pengamat yang yakin Cina  sebenarnya mencoba untuk mengintimidasi Taiwan dan mencegahnya bergerak menuju kemerdekaan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Israel: Jika Kesepakatan Soal Sandera dengan Hamas Tercapai, Serangan ke Rafah Dibatalkan

Amerika Serikat memantau dengan cermat situasi di Taiwan dan memperingatkan Cina agar tidak menggunakan kekuatan. AS juga  berjanji untuk membantu Taiwan mempertahankan diri.

ADVERTISEMENTS

Peningkatan aktivitas militer Cina  di sekitar Taiwan  meningkatkan ketegangan di kawasan itu dan menimbulkan kekhawatiran dari Amerika Serikat dan sekutunya. Terdapat beberapa alasan mengapa Cina melakukan latihan militer di sekitar Taiwan.

ADVERTISEMENTS

Selain untuk mengintimidasi Taiwan, Cina juga ingin mengirim pesan ke Taiwan mereka bersedia menggunakan kekuatan untuk mencegah pulau itu mendeklarasikan kemerdekaan. Cina juga menguji pertahanan Taiwan dengan menggelar latihan militer untuk melihat bagaimana Taiwan akan merespons serangan Cina.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi